HMI Gowa Raya Kawal Kasus Pembebasan Lahan Hutan

Kecurigaan warga dengan isu tersebut diperkuat dengan adanya beberapa oknum yang mengaku delegasi atau utusan dari salah satu instansi terkait

BERBAGI

GOWA- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya, menuntut kejelasan terkait Isu pembebasan lahan hutan yang beredar di Kecamatan Tombolopao dan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa.

Menurut Ketua Hukum Dan HAM HMI Cabang Gowa Raya, Ferdi Lafiek mengatakan akhir-akhir ini warga di sekitar kecamatan tersebut dihebohkan dengan isu akan di lakukannya pembebasan lahan di beberapa titik kawasan hutan.

Kecurigaan warga dengan isu tersebut diperkuat dengan adanya beberapa oknum yang mengaku delegasi atau utusan dari salah satu instansi terkait

“Proses pembebasan lahan untuk perkebunan, untuk kepentingan umum atau alih fungsi lainnya itu memiliki regulasi yang jelas. tidak semudah itu. Ini penting untuk secepatnya direspon oleh Dinas Kehutanan, Pihak Kepolisian dan instansi terkait lainnya, “jelas Ferdi, (4/8/2017).

Lanjut Ferdi, Warga menjelaskan bahwa oknum tersebut juga melakukan pungutan liar dengan alibi biaya akomodasi dan administratif

“Kami berharap, Dinas Kehutanan Provinsi dan Kepolisian agar berkoordinasi mengusut kasus ini. Jangan dibiarkan berlarut, jangan menunggu ada korban, masyarakat butuh kepastian hukum,” harapnya.

Saat ini HMI Cabang Gowa Raya tengah menggagas terbentuknya aliansi pemerhati lingkungan yang melibatkan Komunitas Pecinta Alam, OKP, dan Ormas untuk bersama – sama mengawal kasus ini.

Penulis: Jusrianto

loading...