Rudiyanto Asapa: Alm A. Nawir Sosok Pekerja Ulet

BERBAGI
Cagub Sulsel 2013 Rudiyanto Asapa- Andi Nawir Pasinringi/ IST

MAKASSAR – Bersahabat sejak A. Nawir Pasinringi menjabat sebagai Bupati Pinrang hingga kini, menjadikan Andi Rudiyanto Asapa yang juga mantan Bupati Sinjai, merasa sangat kehilangan.

Disela- sela isaknya, Rudi- sapaan akrab Andi Rudiyanto Asapa saat dihubungi via ponselnya, Jumat (4/8) mengaku almarhum adalah sosok pekerja keras, dan tidak banyak bicara. “Beliau sepanjang yang saya kenal memang sangat mementingkan kepentingan rakyat. Hingga duduk di kursi DPR RI pun, ia selalu memikirkan tentang masyarakatnya, termasuk tentang Sulsel ke depannya,” ujar Rudi.

Almarhum juga dikenal sebagai sahabat yang baik dan paripurna, tertuama dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Bahkan terkadang, bisa hingga lupa waktu jika mengurus tanggungjawabnya. “Kadang- kadang saya mengingatkan jika sudah terlalu lewat waktu. mungkin itu juga yang membuat kesehatannya menurun karena kurang istirahat,” jelas mantan Ketua LBH Makassar itu.

Lebih lanjut, Rudi menyebutkan pertemuan terakhirnya dengan almarhum pada Jumat pekan kemarin, saat rapat di DPP Gerindra. Saat itu, sambil menunggu Prabowo Subianto, dia, almarhum dan Aziki Solthan memilih untuk makan bakso. dan menceritakan banyak hal, tertutama tentang perkembangan Sulsel. Tidak ada tanda- tanda sakit di wajahnya, sehingga berita meninggalnya sang sahabat itu, begitu mengejutkan.

“Beliau sempat janji akan ketemu lagi di Makassar. Karena salah satu anaknya yang saat ini menjabat sebagai Camat di Pinrang, akan maju sebagai Cawabut di Pinrang. Ternyata belum sempat ketemu sehabis rapat di DPP, Allah berkehendak lain,” ujar Rudi.

Banyak hal- hal baik yang dia pelajari selama bersahabat dengan A. Nawir, terutama tengan keuletan dan tidak pernah berubah perhatiannya pada teman- teman dan masyarakatanya dalam kondisi dan jabatan apapun.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga almarhum khusnul khatimah,”
Rudi yang saat ini berada di Jakarta hendak ke Makassar, namun kehabisan tiket pesawat. Sehingga, dia tidak dapat menghadiri pemakanan tersebut. Ia berencana akan membuat takziah dengan keluarga saja.

Sekedar diketahui, Rudi bersama A Nawir pernah berpaket saat Pilgub Sulsel 2013 lalu. Keduanya merupakan kandidat nomor 3 yang dengan nama GarudaNa.

loading...