Misteri Dibalik Plat Mobil Kampanye IYL

BERBAGI
Ichsan Yasin Limpo memperhatikan mobil branding dirinya dan wakilnya, Andi Mudzakkar. Mobil ini memiliki plat unik/ist

MAKASSAR – Komunikasi politik melalui simbol-simbol sering dilakukan para bakal calon disetiap momen politik pilkada.

Tak terkecuali dimomen pemilihan gubernur Sulsel. Dimana mobil kampanye dari bakal calon gubernur, Ichsan Yasin Limpo (IYL) memiliki plat mobil unik.

Kendaraan pribadi yang sering digunakan Ichsan IYL selama ini tersebut tercantum plat dengan kode ‘DD 130  NE’. Tulisan ini jika diperhatikan lebih cermat bisa memiliki makna lain selain dari nomor kendaraan seperti pada umumnya. Bisa dibaca dengan ‘DD- 1 – B0NE’.

Dicantumkannya tulisan Bone diplat kendaraan ini bukan tidak mungkin merupakan simbol komunikasi politik dari IYL. Apalagi Bone diketahui sebagai salah satu kabupaten dengan jumlah pemilih terbesar.

Belum lagi, Kabupaten Bone diklaim sebagai basis utama dari rival IYL, yakni Nurdin Halid. Pencantuman nama ‘Bone’ ikut menguatkan isu soliditas dukungan Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi belakangan ini.

ist

Hal berbeda lain dari kendaraan Mercy Sprinter berwarna hitam ini adalah gambar IYL-Cakka termuat di ujung di sisi kiri dan kanan sambil melakukan Salam Punggawa. Mereka mengenakan kemeja putih dengan kopiah di kepala.

Di bawah gambar tersebut, tertulis nama keduanya, serta di bagian tengah memuat tagline “Punggawa Macakka” dengan ukuran yang tergolong sedang. Sedangkan di bagian depan, tepatnya di pintu, terdapat slogan dalam bentuk segi empat “Bersama Membangun Sulsel”.

Khusus di bagian depan, baik di kaca maupun kap, juga menonjolkan “Punggawa Macakka” dengan paduan Warna putih, orange dan merah. Sementara di bagian kaca belakang, termuat logo Salam Punggawa serta “Bersama Membangun Sulsel”.

Kendaraan yang didalamnya bisa memuat delapan sampai sembilan orang, selama ini digunakan IYL untuk kegiatan sosialisasi atau kunjungan ke daerah. Bahkan, kendaraan tersebut juga sempat ditumpangi Rusdi Masse (RMS) dan Cakka saat bersama menghadiri peresmian Rumah Kita, belum lama ini.

Sesuai rencana, kendaraan kampanye tersebut akan terus digunakan Punggawa, julukan yang disematkan ke IYL saat melakukan road show ke 24 kabupaten/kota dalam waktu dekat.

Selama satu hari terakhir, kendaraan ini di parkir di halaman Rumah Kita. Bahkan, tidak sedikit relawan atau tim memanfaatkan untuk berfoto dengan mengambil latar kendaraan berplat DD 130  NE.

Tak hanya itu, Ichsan yang mampir setelah melakukan kegiatan kemanusiaan di Maros, juga mengecek branding kendaraan di mobil sosialisasinya tersebut. “Jadi mi tawwa brandingnya,” kata IYL saat melihat dari dekat desain branding di kendaraannya.

Penulis : Abdul Latif

loading...