Kesalahan Bangun Tidur Membuat Mudah Gemuk?

BERBAGI
Illustrasi.(int)

Sulselekspres.com – Kebanyakan orang berpikir jika penyebab mereka mengalami masalah berat badan atau kegemukan adalah karena pola makan yang tidak sehat.

Padahal, ada cukup banyak penyebab dari kenaikan berat badan tersebut. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa beberapa kebiasaan di pagi hari juga bisa membuat kita mengalami masalah berat badan tanpa kita sadari.

Seperti dilansir dari halaman doktersehat.com, beberapa masalah yang dapat membuat barat bisa meningkat akibat pola tidur dan bangun tidur yang tak teratur. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

Bangun kesiangan

Tidak semua orang memiliki kebiasaan bangun pagi. Memang, dengan bangun lebih siang, kita bisa memiliki kesempatan untuk tidur dalam waktu yang lebih lama. Sayangnya, tidur dengan waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon yang juga dikenal sebagai hormon stress ini ternyata bisa membuat kita ingin mengkonsumsi makanan lebih banyak.

Malas-malasan saja setelah bangun tidur

Banyak orang yang tak kunjung membuka jendelanya setelah bangun tidur. Hal ini ternyata bisa menurunkan peluang keberhasilan menurunkan berat badan. Padahal, jika kita segera membuka jendela dan menikmati sinar matahari pagi yang hangat, hal ini akan berpengaruh positif pada jam biologis dan sistem metabolisme tubuh.

illustrasi.(Int)

Malas merapikan tempat tidur

Dalam sebuah penelitian, mereka yang cenderung rajin merapikan tempat tidurnya setelah bangun tidur memiliki Indeks Massa Tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang malas melakukannya.

Malas mengecek berat badan

Penelitian yang dilakukan di Cornell University mengecek kebiasaan 162 pria dan wanita di pagi hari dalam kurun waktu 2 tahun. Hasilnya adalah, mereka yang cenderung lebih rajin mengecek berat badannya di pagi hari akan memiliki Indeks Massa Tubuh yang lebih ideal.

Tidak sarapan

Jangan salah, tidak sarapan justru bisa membuat kita menaikkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan seseorang untuk ngemil yang tidak sehat atau mengkonsumsi makan secara berlebihan di waktu makan lainnya.

loading...