Pemprov Siapkan 14 Ribu Hewan Kurban di Sulsel

BERBAGI

MAKASSAR – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, telah menyiapkan sebanyak 33 ribu hewan kurban untuk persiapan Idul Adha 2017 ini.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Azis mengatakan dari 33 ribu hewan kurban. Selain menyiapkan 26 ribu ekor sapi, Dinas PKH Sulsel juga menyiapkan kambing untuk kurban sebanyak 7 ribu ekor pada Idul Adha tersebut.

Namun, tidak semuanya untuk konsumsi di wilayah Sulawesi Selatan, tapi juga akan dikirim keluar Sulsel, dengan asumsi 14 ribu hewan kurban untuk Sulsel, sisanya 12 ribu dikirim ke luar Sulsel, seperti Kalimantan.

“Yang untuk Sulsel, sebanyak 14 ribu tersebut, konsumsi terbanyak, atau kebutuhan paling besar itu adanya di Makassar. Makanya, untuk ibu kota Sulsel ini, kita siapkan 10 ribu ekor hewan kurban atau sapi. Julah tersebut, hampir sama banyaknya dengan tahun sebelumnya,” urai Azis.

Menurut Azis, tim dari Dinas PKH sudah mulai turun ke lapangan, untuk mendata kebutuhan. Untuk antisipasi lonjakan, pihak Dinas PKH Sulsel juga sudah berkoordinasi dengan para pengusaha atau peternak, untuk menyiapkan stoknya.

“Angka 26 ribu itu, kita estimasi sama dengan tahun lalu. Nanti setelah Idul Adha kita baru bisa tahu, apakah kebutuhan tahun ini sama, berkurang, atau malah lebih,” serunya.

Abdul Azis juga mengatakan, jika pihaknya juga akan melalakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan-hewan kurban tersebut.

“Terkait kesehatan hewan atau ternak, tiap tahun kita selalu lakukan pemeriksaan baik antemortem, yaitu pemeriksaan awal ternak sapi khusus yang akan dikurban, kemudian akan dilakukan pemeriksaan lagi setelahnya buat ternak yang dicurigai menderita penyakit atau disebut postmortem,”urai Azis.

loading...