RMS Tak Maju, Kemana Arah Dukungan NasDem?

BERBAGI
Pengamat politik dari Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono

MAKASSAR – Rusdi Masse (RMS) tak akan bertarung di Pilgub Sulsel 2018 mendatang. Teka-teki sikap politik Ketua DPW NasDem Sulsel itu terjawab, setelah menegaskan dirinya tidak akan ikut berkontestasi. Baik posisi 01 (Calon Gubernur) maupun 02 (Calon Wakil Gubernur).

Pengamat politik dari Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono menilai sikap politik RMS bahwa keputusan itu tidak lagi berdasar kepada hitungan politik, melainkan realitas komitmen RMS ke Ketua DPP NasDem, Surya Paloh.

“RMS dan Nasdem nampaknya gak pakai hitungan politik, karena hal itu sudah jadi komitmen RMS kepada Surya Paloh, yaitu fokus membesarkan partai,” kata Arief saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp oleh SulselEkspres.com , Kamis (17/8/2017).

Nah, yang menariknya, pengurus Nasdem Sulsel ternyata mendorong Bupati Sidrap dua periode ini tetap maju. Arief menilai bahwa dua hal tersebut terbilang unik, lantaran kejadiannya bersamaan.

Apakah ini adalah skenario politik RMS. Lantas ke mana arah dukungan NasDem di Pilgub Sulsel ?

Menurut Arief hingga saat ini NasDem cenderung belum menentukan pilihan. Selain belum ada klaim bakal calon, NasDem Sulsel juga belum bersikap pasca penyataan tokoh peretas kemiskinan itu yang tak akan maju.

“Itu dia yang belum ketahuan. Belum ada satupun Bacagub Sulsel yang mengklaim memiliki rekomendasi Nasdem, dan Nasdem Sulsel pun belum bersuara pasca pernyataan RMS,” tuturnya.

Hanya memang, menurutnya ada upaya koalisi Nasional partai untuk menyatukan kekuatan di Sulsel. Meski demikian, dia menilai diantara partai koalisi Nasional, NasDem cenderung memiliki prinsip dengan sikap sendiri.

“Bisa jadi seperti itu (koalisi Nasional), karena memang ada wacana skenario koalisi nasional. Tapi, ada kemungkinan juga Nasdem memiliki sikap sendiri. Tergantung nanti figur yang diusung,” tandasnya.

loading...