Ini kata Ahmad Bustomi, Soal Wasit Kontroversial Liga 1

BERBAGI
Gelandang Arema FC Ahmad Bustomi

MAKASSAR – Gelandang Arema FC Ahmad Bustomi, angkat bicara soal wasit Liga 1 yang sering menuai kritikan.

Menurutnya, Kesalahan yang dilakukan wasit lokal dalam mengambil keputusan masih dalam taraf manusiawi. Walaupun, kadang kala usai pertandingan selalu muncul pro dan kontra.

“Saya lihat keberadaan wasit asing masih pro dan kontra. Saya sebagai orang Indonesia, saya masih percaya dengan wasit Indonesia,” kata Bustomi, Kamis, 17 Agustus 2017.

Dia mengaku bahwa laga Persija Jakarta kontra PSM Makasar di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi pada Selasa lalu sebagai contoh. Saat itu Williem Jan Pluim mencetak gol di kotak penalti.

Namun wasit menganggap Pluim lebih dahulu menyentuh bola dengan tangan. Keputusan kontroversial itu membuat pelatih PSM, Robert Rene Alberts melancarkan protes keras.

“Memang bagus tapi faktanya ada insiden waktu Persija lawan PSM coach Robert akhirnya protes keras. Ini bukti wasit juga manusia tidak ada yang 100 persen sempurna,” ucap Bustomi.

Bustomi berharap utamanya wasit lokal, agar memperbaiki kualitasnya.

“Mungkin ada beberapa insiden human error dalam memimpin pertandingan, itu semua wasit. Semoga ini menjadi motivasi untuk wasit lokal menunjukan kualitasnya, agar tidak kalah dengan wasit asing,” ujarnya.

loading...