Gowa Raih Harapan III Lomba Desa Sulsel

BERBAGI
Logo Pemkab Gowa/ INT

MAKASSAR – Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaggani bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab Gowa, Hj Mussadiyah Rauf mendampingi Camat Pallangga dan Kades Pannakukang untuk menerima piala dan piagam penghargaan. Piala yang diterima merupakan juara harapan III Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyerahan dilakukan oleh Gubernur Sulsel, H.Syahrul Yasin Limpo bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Ny Ayunsri Harahap dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD),H. Mustari Soba. Pemberian penghargaan berlangsung di Baruga Karaeng Pattinggaloang Rujab Gubernuran Sulsel Jl Sungai Tangka Makassar, Senin(21/8).

Mustari Soba menjelaskan terkait lomba desa tingkat provinsi, ” Perlimbaan ini diikuti oleh 19 Kabupaten Kota yang ada di Sulsel. 17 Desa dan 6 kelurahan dinilai oleh tim sejak (25/4) hingga (22/6). Penilaian dilakukan dengan mengacu kepada data perkembangan dua tahun terakhir dan hasil klarifikasi lapangan yang dilakukan di desa dan kelurahan, ” jelas Mustari.

Kabupaten Gowa, yang diwakili Desa Pannakukang Kecamatan Pallangga berhasil masuk dalam enam besar desa se provinsi Sulsel. Kades Pannakukang, Zulkifli DP mengatakan pencapaian ini kerjasama banyak pihak di desanya. ” Apa yang kami raih hari ini merupakan kerja keras dan kerja sama dari semua elemen yang ada di desa. Walaupun penilaian lomba desa telah berakhir namun semangat untuk membangun desa kami tidak akan berhenti samapi sini, ” jelas Zulkifli didampingi Camat Pallangga,Indra Wahyudi Yusuf.

Lomba desa ini sekaligus untuk mengukur peningkatan desa dalam semua aspek menjadi harapan banyak pihak. Meningkatnya anggaran desa diharapkan menjadikan desa sebagai safety guard mengamankan ekonomi kebangsaan.

“Lomba desa sekaligus mengukur kemajuan desa dan kelurahan setiap tahunnya sekaligus sebagai evaluasi capaian kemajuan, kemakmuran, kesejahteraan masyarakat desa. Bersarnya anggaran yang diterima desa diharapkan dapat direalisasikan dengan efektif, efisien dengan tata kelola yang baik dan bertanggung jawab,” jelas Syahrul.

Selain Lomba desa juga diselenggaran pemilihan Bumdes dan inovasi teknologi. Terpilih sebagai juara satu lomba desa tingkat provinsi Desa Batu Balerang Kecamatan Sinjai Borong Kab Sinjai. Juara pertama lomba kelurahan Kelurahan Tanjung Merdeka Kecamatan Tamalate Makassar.

Kabupaten Sinjai yang menjadi perwakilan Provinsi Sulsel ditingkat nasion berhasil meraih juara satu nasional Regional III tahun 2017. Sekaligus menempatkan Gubernur Sulsel dianugrahi penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Menteri Dalam Negeri atas keberhasilan melaksanakaan pembinaan kepada desa dan kelurahan.

loading...