Walikota Makassar Gagas Festival Toilet Sekolah

BERBAGI

MAKASSAR – Siapa bilang toilet tidak penting? Bagi sebagian orang, toilet sering disepelekan, bahkan keberadaannya sering hanya dianggap sebagai fasilitas pelengkap suatu lokasi, entah itu gedung atau tempat wisata.

Penampilannya sering ala kadarnya, kebersihannya kurang diperhatikan. Namun jangan kaget, di Makassar, toilet bahkan di festivalkan untuk mengangkat pamor program sanitasi di sekolah.

Meskipun Kota Makassar bukan satu-satunya kota menggelar Festival Toilet, bahkan sudah berlangsung kedua kalinya dan masuk sebagai salah satu rangkaian kegiatan rutin di Banyuwangi untuk mengangkat pariwisatanya.

Dalam kegiatan workshop program lembaga kemitraan kota yang digelar di Hotel Traveller Phinisi Makassar. Walikota Makassar Muhammad Ramdhan Pomanto menyatakan akan menggelar Festival Toilet Sekolah.

Hal itu disampaikan Walikota Makassar sekaitan dengan keberhasilan Forum Jurnalis Sanitasi (FJS) Makassar. Pada pelaksanaan Bedah Toilet Sekolah sejak awal bulan Februari lalu.

“Saya harus berterimakasih pada teman-teman Jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Sanitasi. Mereka sangat membantu pemerintah dan peduli dengan permasalahan toilet di sekolah,”sambut Danny sapaan akrab Walikota Makassar, Senin (21/8/2017)

Danny Pumanto meminta agar program yang digagas FJS ini bisa berkelanjutan, dan harus mendapat perhatian yang serius. Bahkan akan dilanjutkan dengan menggelar kegiatan Festival Toilet Sekolah.

“Jadi nanti kalau ada sekolah yang masih kotor dan jorok toiletnya, siapa-siap saja Kepala Sekolahnya diganti,”Candanya.

Bedah Toilet sendiri merupakan kepedulian para Jurnalis yang tergabung dalam FJS. Berdasarkan beberapa keluhan murid-murid, tak banyak yang harus terpaksa menahan diri BAB, karena kondisi toilet sekolah yang tidak terurus dengan baik.

 

loading...