Syahrul Wakili Indonesia di The World Goverment Summit 2018

BERBAGI
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerima penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2017 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di Stadion Manahan Kota Solo, Jum'at (25/8)/ IST

MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada Februari tahun 2018, akan diundang ke Dubai, Uni Emirate Arab (UEA) di acara The World Goverment Summit 2018. Sebuah acara forum pemerintahan seluruh dunia.

Hal itu setelah SYL, menerima penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2017 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di Stadion Manahan Kota Solo, Jum’at (25/8).

Penghargaan diserahkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI) didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menpan RB Asman Abnur, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Sulsel mendapat penghargaan dari pemerintah pusat atas kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam Program Sistem Informasi Lingkungan Hidup Berbasis Online (SIMAS-LH Online). Program ini merupakan inovasi dari Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Sulsel yang ditetapkan sebagai Program Inovasi Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia.

Dari 3054 karya inovasi publik yang berasal dari seluruh Indonesia baik dari Kementerian, BUMN, BUMD, pemprov dan kabupaten/Kota, kemudian diseleksi tim independen secara bertahap. Akhirnya terpilih dan ditetapkan 90 karya terbaik selanjutnya menjadi 40 karya terbaik untuk diberikan penghargaan.

“Alhamdulillah akhirnya kita masuk 20 karya inovasi terbaik, nanti kita akan mewakili Indonesia di tingkat internasional,” kata SYL.

Ada beberapa alasan sehingga SIMAS-LH Online menjadi yang terbaik.
Program ini adalah inovasi pertama dalam bidang lingkungan hidup di Indonesia. Memiliki sejumlah keunggulan diantaranya inovasi ini memudahkan masyarakat mendapatkan data lingkungan, memudahkan para pelaku usaha melaporkan pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidupnya.

Keunggulan lain, data yang masuk langsung diolah secara otomatis menjadi informasi. Seperti informasi kualitas air sungai dan kualitas udara, serta pemerintah provinsi, kabupaten/kota serta stakeholder lainnya dapat secara langsung menjadikan server DPLH sebagai server data lingkungan hidup online bagi semua.

Di akhir 2018 nanti diharapkan semua aspek dari program ini akan ditingkatkan dan disempurnakan. Salah satunya adalah akan dipasang alat uji otomatis untuk menguji kualitas air di sungai dan danau serta alat uji otomatis kualitas udara di kota-kota di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

loading...