Kurang Serat, Berat Badan Bisa Naik?

BERBAGI
Foto Ilustrasi Sayuran/ INT

MAKASSAR – Menjadi dewasa membuat manusia sadar pentingnya asupan makanan yang seimbang. Dari mulai daging, sayuran, buah-buahan, semua harus dikonsumsi secara seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Lalu, bagaimana kalau tubuhmu kekurangan serat?

Hal yang pertama terjadi pastilah kamu akan mengalami sembelit alias susah buang air besar. Beberapa jeni sayuran merupakan sumber terbaik untuk kelancaran buang air. Dilansir dari The List, alpukat dan brokoli masuk dalam daftar santapan yang bagus dikonsumsi agar tidak sembelit.

Kurangnya serat bisa membuatmu sembelit, sementara serat yang sama juga bisa membantumu merasa kenyang lebih lama. Frances Largeman-Roth, seorang ahli diet menyadari bahwa jika kamu merasa lapar setelah makan satu hingga dua jam, hidangan yang kamu santap mungkin kurang serat.

Sementara itu, jika kamu kurang makan sayur, dapat dipastikan hidangan yang kamu santap adalah makanan yang kurang sehat.

dr. Rio Aditya.(Int)

dr. Rio Aditya dari klikdokter mengatakan, bahwa salah satu penyakit yang paling sering dialami karena kekruangan serat adalah konstipasi, hemoroid, peningkatan berat badan dan peningkatan tingkat gula darah.

Dia menyarankan agar banyak mengesumsi makanan yang sehat seperti sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan bisa pula diolah dalam bentuk jus buah untuk mendapatkan serat yang alami.

“Serat paling banyak didapatkan dari makanan, misalnya dari buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Dalam bentuk minuman anda bisa membuat buah menjadi jus lalu diminum,”terangnya.

loading...