Pemerintah Kecamatan Bacukiki Ajak Warga Berwirausaha

BERBAGI
Kepala Seksi Ekonomi dan Kesra, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Ita Purnamasari, memaparkan soal kewirausahaan/ IST

PAREPARE – Menekan Angka pengangguran, Pemerintah Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare mengajak masyarakat untuk terus menumbuhkan jiwa berwirausaha.

Berbagai cara dilakukan guna memberikan motivasi kepada masyarakat agar menjadi wirausaha yang kreatif, inovatif dan mandiri.

Seminar yang juga merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN PPM UNM Makassar dihadiri sedikitnya puluhan masyarakat dari perwakilan tiap RT dan RW lingkup Kelurahan Galung Maloang.

Camat Bacukiki yang diwakili Kepala Seksi Ekonomi dan Kesra, Ita Purnamasari, lebih banyak memaparkan peran dari Pemkot Parepare dalam upayanya menumbuhkan jiwa wirausaha kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Bacukiki.

“Pemkot tentunya tidak tinggal diam dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif, sudah banyak kebijakan – kebijakan yang dikeluarkan sebagai bukti keseriusan dan kepedulian Pemkot untuk tumbuhkan UMKM ini,” papar Ita, Selasa (29/8).

Lebih lanjut, dia menjelaskan Pemkot Parepare juga terus mendorong pembangunan usaha kecil menengah dengan membantu usaha yang baru tumbuh dengan memberikan akses – akses kemudahan serta pemberian bantuan.

“Banyak bantuan fasilitas, peralatan, pelatihan, pendidikan bahkan modal diberikan Pemkot yang dianggarkan melalui APBD, ini semata – mata untuk merangsang masyarakat berwirausaha. Jadi tinggal masyarakatnya yang pintar – pintar memanfaatkannya,” jelasnya.

Camat Bacukiki, H. M. Iskandar Nusu mengungkapkan bahwa Pemerintah Kecamatan Bacukiki terus memantau masyarakatnya yang mempunyai kegiatan berwirausaha.

“Segala kegiatan UMKM kami pantau, bahkan di musrembang ditingkat kecamatan kami selalu usulkan kelompok – kelompok masyarakat yang punya usaha untuk diberikan bantuan. Ini bentuk kepedulian dan komitmen kami dalam mendorong perekonomian melalui wirausaha,” beber Iskandar.

Edi Sutrisno salah satu ketua RW dikelurahan Galung Maloang yang menjadi peserta pada seminar kewirausahaan mengatakan sangat mendukung kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada masyarakat bagaimana sebenarnya peran dari Pemerintah itu sendiri dalam memajukan kegiatan wirausaha.

“Kalau Pemerintah telah banyak menunjukkan kepeduliannya, tentu kami masyarakat harus mendukung program – program pemerintah dalam hal berwirausaha. Salah satunya dengan tetap berkreasi dan berinovasi serta bekerja keras,” tandasnya.

loading...