Raja Kesultanan Malaysia Menjadwalkan Pagelaran Pesta Rakyat di Gowa

BERBAGI
Kedatangan Tuanku Karameng Sakti dijemput langsung oleh Ketua PKK Gowaa, Priska Paramita Adnan, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni dan istri, Mussadiyah Rauf, jajaran Muspida Kabupaten Gowa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis serta para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa/ IST

GOWA – Raja Kesultanan Hasanuddin Keturunan Raja Sakti Malaysia, Daku Yang Tertinggi Teramat Mulia (DYTTM) Tuanku Raja Azhar Shah Al Sakti Ibni Daku Yang Tertinggi Teramat Mulia (DYTTM) Tuanku Raja Wahab Shah Al Sakti bersama rombongan sebanyak 15 orang akan mengunjungi Kabupaten Gowa.

Kedatangan Tuanku Karameng Sakti dijemput langsung oleh Ketua PKK Gowaa, Priska Paramita Adnan, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni dan istri, Mussadiyah Rauf, jajaran Muspida Kabupaten Gowa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis serta para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (30/8) siang.

Pengalungan kain sutera dan persembahan tarian khas Makassar serta alunan gendang menyambut kedatangan raja asal Kuala Lumpur ini yang disambut antusias para penjemput dan penumpang di pintu kedatangan Bandara Internasional Hasanuddin.

Sebelum melakukan kunjungan di Kabupaten Gowa, raja beserta rombongan terlebih dulu bersantap siang bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa di Hotel The Rinra Makassar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis dalam penyambutannya mengucapkan penghargaan dan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas kehadiran Raja Kesultanan Hasanuddin Keturunan Raja Sakti ini merupakan berkah bagi masyarakat Kabupaten Gowa.

“Kami sangat bersyukur kehadiran raja bersama rombongan ini dapat menjalin kembali silaturahim antara Kabupaten Gowa yang dulunya merupakan daerah kerajaan dengan Kesultanan Hasanuddin Malaysia dan semoga kunjungan ini membawa berkah bagi kedua wilayah yang masih serumpun ini,” kata Muchlis mewakili Bupati Gowa yang tengah menghadiri HUT Toraja Utara.

Putra Sulung Tuanku Karameng Sakti, DYTM Megah Seri Shahrul Nizam menjelaskan tujuan ayahanda beserta rombongan berkunjung di Kabupaten Gowa untuk mengeratkan hubungan silaturahim dan menelusuri jejak leluhur.

“Kalau dari sejarah Gowa merupakan kerabat Kerajaan Kelantan, dahulunya Kelantan dibawah naungan petani besar dimana sisini ada perkampungan nama petani begitu juga di Kelantan ada nama kampung Makassar. Leluhur kami ada hubungan kekerabatan darah, kami tidak akan kesini saja tapi akan bergerak ke Nusantara untuk menelusuri jejak leluhur,” kata Asisten Menteri Pariwisata Kerajaan Kelantan dengan dialek Melayu.

Raja Kesultanan Hasanuddin Malaysia ini juga akan menggelar acara ramah tamah dirangkaikan makan siang dan pesta rakyat bersama masyarakat Kabupaten Gowa yang dipusatkan di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Sungguminasa pada Minggu (3/9) mendatang

Kehadiran Kesultanan Hasanuddin keturunan Raja Sakti (Karameng Raja Sakti) tidak dihadiri oleh keturunan dari kerajaan Gowa di Hotel The Rinra Makassar, Rabu(30/8).

Dari tinjauan Sulselekspres dilapangan, penyambutan ini hanya di hadiri oleh Pemerintah Daerah (PEMDA) Kabupaten Gowa, Abdul Rauf Malagani sekalu Wakil Bupati Kabupaten Gowa dan Muchlis selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa tanpa adanya perwakilan dari pihak keturunan Kerajaan Gowa.

“memang dari awal putusan kedatangannya ini mau mengunjungi Gowa, jadi pemerintah daerah yang di datangi dan bisa menerima mereka,” ungkap Muchlis selaku Sekda.

Kedatangan dari Karameng Raja Sakti ini nantinya akan disampaikan kepada seluruh elemen termasuk dari keturunan Raja Gowa.

loading...