10 Tips Mengatasi Mata Lelah Setelah Seharian di Depan Komputer

BERBAGI
Ilustrasi Mata Lelah di depan komputer/ Laptop/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Mata ibarat jendela. Terutama bagi pekerja kantoran, atau penulis yang banyak menggunakan mata dalam menatap layar komputer, bisa mengalami kelelahan apalagi seharian berhadapan dengan peralatan elektronik tersebut.

Nah, berikut adalah 10 tips mudah yang Anda dapat lakukan untuk mengatasi mata merah dan berbagai keluhan fisik lainnya akibat seharian di depan komputer, dilansir dari hellosehat.com

1. Rutin cek mata

Rutin cek mata di dokter mata adalah langkah pertama untuk mencegah dan mengatasi mata merah akibat seharian nongkrong di depan layar komputer. Menurut National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), orang-orang seharusnya lebih dulu menjalani pemeriksaan mata sebelum mulai bekerja dengan komputer, dan kemudian rutin setahun sekali setelahnya.

2. Atur pencahayaan yang sesuai

Mata lelah sering disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang, baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela ataupun dari pencahayaan ruang kantor yang berlebihan. Akibatnya Anda harus selalu mengernyitkan mata selama bekerja. Jika memungkinkan cat dinding ruangan Anda dengan warna yang lebih gelap dengan hasil akhir matte.

Kurangi cahaya dari luar dengan menutup tirai, serta kurangi pencahayaan interior dengan menggunakan lebih sedikit lampu, atau gunakan lampu dengan intensitas rendah. Jika memungkinkan, posisikan layar komputer Anda di samping jendela, bukan di depan atau di belakangnya.

3. Atur terang-gelap kontras sinar laptop

Pantulan pada dinding dan layar komputer Anda juga dapat menyebabkan CVS. Sesuaikan kecerahan layar sehingga kira-kira sama dengan kecerahan di sekitar tempat kerja Anda. Pertimbangkan untuk memasang layar anti-glare pada monitor Anda.

Jika Anda masih memakai monitor komputer berbentuk tabung (disebut juga cathode ray tube atau CRT), Anda perlu menggantinya dengan liquid crystal display (LCD), seperti pada layar laptop. Layar LCD lebih aman pada mata dan biasanya memiliki permukaan anti reflektif, sedangkan layar CRT lebih mudah menyebabkan CVS.

Sesuaikan juga kontras ukuran dan warna teks untuk kenyamanan mata Anda, terutama saat membaca atau menyusun dokumen yang panjang. Biasanya, teks hitam dengan latar belakang putih merupakan kombinasi terbaik.

Yang juga harus diperhatikan: Color temperature. Ini merupakan istilah teknis yang digunakan untuk menggambarkan spektrum cahaya yang dipancarkan oleh layar. Mengurangi color temperature pada layar Anda akan memberikan kenyamanan dalam penggunaan komputer yang lama.

6. Berkedip lebih sering

Berkedip sangat penting saat Anda bekerja di depan komputer karena berkedip membasahi mata Anda untuk mencegah kekeringan dan iritasi mata. Menurut penelitian, orang yang berkerja di komputer berkedip lebih jarang (sekitar sepertiga dari biasanya), hal ini membuat Anda berisiko mengalami dry eyes. Untuk mengurangi risiko tersebut, cobalah untuk berlatih: setiap 20 menit, berkedip 10 kali dengan menutup mata sangat lambat.

7. Olahragakan mata Anda

Untuk mengurangi risiko mata lelah karena terus-menerus berfokus pada layar komputer, Anda perlu berpaling dari komputer Anda setiap 20 menit dan menatap benda jauh (sekitar 20 kaki atau 6 meter jauhnya) selama 20 detik. Sebagian dokter mata menyebut ini “20-20-20 rule”. Melihat jauh dapat melemaskan otot mata sehingga mengurangi kelelahan pada mata Anda. klik tautan berikut untuk mencontek gerakan senam mata selama di kantor.

8. Pejamkan mata sesaat

Menurut satu studi terbitan NIOS, salah satu cara ampuh untuk mengatasi mata lelah dengan memejamkan mata barang sebentar saja. Anda juga boleh melanjutkannya dengan peregangan otot sederhana sebanyak 4 kali selama 5 menit sepanjang hari kerja. Berdiri dan jalan-jalanlah sejenak, lemaskan dan putar-putar tungkai lengan dan kaki dengan berdiri, putar-putar bahu dan punggung untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan otot. Jika lama waktu istirahat makan siang memungkinkan, curi-curi waktu untuk tidur siang sejenak.

9. Modifikasi tempat kerja Anda

Jika Anda perlu melihat bolak-balik antara kertas dan layar komputer Anda, tempatkan halaman tertulis pada tempat bersebelahan dengan monitor. Jika Anda ingin menggunakan lampu meja, pastikan arah sinar tidak ke mata Anda ataupun ke layar komputer Anda.

Selain itu, Anda perlu mengatur tempat kerja dan kursi Anda dengan ketinggian yang seusai untuk menjaga postur tubuh selama Anda bekerja di depan komputer. Pilihlah perabotan ergonomis sehingga Anda dapat memposisikan layar komputer Anda 50-60 cm dari mata Anda, bagian tengah layar Anda harus sekitar 10-15 derajat di bawah mata Anda untuk posisi nyaman kepala dan leher Anda.

10. Pertimbangkan memakai kacamata komputer

Jika Anda memakai kacamata, pilihlah lensa kacamata dengan pelapis anti-reflective (AR). Lapisan AR mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang memantul dari permukaan depan dan belakang lensa kacamata Anda.

Untuk kenyamanan Anda di depan komputer, Anda mungkin juga dapat memodifikasi resep kacamata untuk membuat kacamata komputer yang disesuaikan. Hal ini berlaku terutama untuk Anda yang biasanya memakai lensa kontak yang mengalami mata kering dan tidak nyaman selama bekerja depan komputer.

loading...