Pasca Libur Idul Adha, ASN Kemenag Sulsel Ikut Pembekalan

BERBAGI
Pembinaan ASN di lingkup Kanwil/ IST

MAKASSAR – Pascalibur lebaran hari raya Idul Adha 1438 H, Kanwil Kemenag Prov Sulsel menggelar Pembinaan ASN di lingkup Kanwil Yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam.

Acara yang digelar di aula utama Kanwil dan diikuti oleh seluruh pejabat eselon III, IV dan seluruh karyawan karyawati Kanwil Kemenag Prov Sulsel yang jumlahnya mencapai ratusan orang, termasuk sejumlah Kakankemenag Kabupaten/ Kota Terdekat dari Kota Makassar seperti Maros, Gowa dan Pangkep.

Pembinaan ASN yang dipandu langsung oleh Kakanwil Kemenag Sulsel H. Abd. Wahid Thahir berharap, bisa mendengar dan menyerap informasi terbarukan dariSekjen Kemenag.

“Termasuk sejumlah regulasi atau kebijakan baru serta informasi lainnya yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja aparatur Kemenag khususnya di Sulsel,” ujar Kakanwil mengawali sambutannya, melali rilis Kemenag Sulsel, Selasa (5/9).

Kakanwil juga melaporkan bahwa serapan anggaran Kemenag Sulsel sampai pada triwulan ketiga tahun 2017 ini sudah berada di angka 61,18 persen dan angka ini sudah melampaui angka serapan secara Nasional, Harapan Kakanwil tahun ini mampu memacu peningkatan serapan anggaran agar lebih baik dari tahun sebelumnya yang berada di angka nyaris di angka 97 Persen, lanjut Kakanwil di hadapan Sekjen Kemenag RI.

Sementara itu, Sekjen Kemenag Nur Syam mengawali arahannya dengan membeberkan sejumlah keberhasilan yang dicapai oleh Lemah RI sepanjang 2 Tahun Terakhir.

“2017 ini merupakan tahun terbaik bagi Kemenag, karena sudah membuktikan mampu meningkatkan kinerjanya dan olehnya itu diganjar dengan sejumlah penghargaan terbaik tingkat Kenterian dan Lembaga Negara se Indonesia yang sangat prestisius,” kata Nur Syam.

Dintaranya, tahun 2016-2017, Kemenag RI menjadi Pemberi sumbangan BLU terbesar di tingkat Kementerian dan lembaga dari Kemenkeu salah satunya dari biaya Nikah.

Kemenag RI juga dinobatkan sebagai Instansi pemerintah dengan layanan yang dapat terakses murah dari Menkeu serta Institusi pemerintah yang berhasil meningkatkan kinerja secara signifikan yaitu 68,14 persen, lalu Serapan anggaran terbaik kedua setelah kepolisian 93,55 persen, dan klimaksnya ketika Badan Periksa Keuangan RI mengganjar Kemenag RI dengan Opini WTP murni tanpa catatan. Dari sini sekjen sangat mengapresiasi Duta duta akrual di seluruh Kanwil yang telah bekerja siang dan malam terkadang lembur untuk meraih hasil yang maksimal papar mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Surabaya ini.

Sekjen juga berharap serapan anggaran tahun ini bisa meningkatkan dari angka sebelumnya, dan Andil serapan anggaran Kanwil Kemenag Sulsel juga sangat berpengaruh didalamnya, harap beliau.

Sekjen Kemenag RI meyakinkan seluruh hadirin bahwa kita semua sesungguhnya bisa melakukan dan menampilkan yang terbaik bagi kementerian agama meski menghadapi banyak kendala dan masalah yang sifatnya tekhnis, yang penting kita jangan berhenti belajar dan mengupdate terus pengetahuan dan keterampilan kita dalam bekerja dan berinovasi.

“Saya berharap agar Marwah Kemenag RI tetap dijaga, sebagai Penjaga Moralitas dan Integritas Bangsa Terbaik di Dunia, Ingat, Ekpektasi masyarakat Indonesia khususnya umat beragama sangat tinggi buat Instansi kita, karenanya kita harus berusaha memenuhi harapan mereka dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan dalam bekerja,” tandasnya.

loading...