Di Parepare, Toilet Mewah Bersimbah Tinja

BERBAGI
illustrasi bersihkan toilet.(Int)

PAREPARE – Dua Toilet mewah yang masing-masing berlokasi di Lapangan Andi Makkasau dan di jalan Abdul Jalil (lokasi Pare Beach City) terkesan mubazir. Selain anggaran yang selangit mencapai Rp 1,3 miliar dari DAK, dua toilet yang dibangun tahun 2016 ini tidak dimaksimalkan fungsinya bahkan di bagian lantai dan dinding bangunan sangat jorok dan bersimbah tinja.

“Anggarannya saja selangit, pas masuk lebih mirip Toilet di terminal yang tidak terurus, bau pesing dan kotoran dimana-mana, kalau mau mual masuk saja di toilet itu, banyak tinja berseraka,”sesal Dillah salah seorang Warga Parepare, Rabu (6/9).

Selain kotor, Dia juga menyesalkan fasilitas umum ini sangat jarang dibuka, sehingga pengunjung di sekitar Pare Beach City dan Lapangan Andi Makkasau harus mencari tempat lain untuk membuang hajat.

“Masih untung kalau tidak terkunci, karena biasanya hanya dibuka pada jam dan hari tertentu saja,”ungkap dia.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengaku telah memdengar keluhan terkait toilet jorok ini. Dia berjanji akan segera mencarikan solusi agar Toilet ini bisa berfungsi maksimal.

“Ini yang menjadi fenomena, bagaimana optimalisasi fungsi toilet itu, kami sedang mencari solusi model yang maskimal terkait regulasi pemanfaatan dan pemeliharaannya,”janji dia.

loading...