Pemkot Parepare Akan Beli Damkar Senilai Rp1,8 Miliar

BERBAGI
Illustrasi Damkar.(Int)

PAREPARE –  Pemerintah Kota Parepare akan melakukan penambahan armada mobil pemadam kebakaran (damkar). Rencananya tahun ini pemkot akan membeli satu unit damkar.

Hal itu dikemukakan Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe kemarin, Dia menjelaskan, pengadaam armada damkar dinilai sangat penting saat ini, menyusul kondisi cuaca khususnya di kota Habibie tersebut, terbilang ektrim dan tingginya potensi bencana kebakaran, baik itu rumah maupun alang-alang.

“Dalam beberapa pekan saja, setidaknya enam rumah warga yang menjadi kobran dalam bencana kebakaran. Perlu penambahan armada agar penanganan bencana kebakaran bisa lebih maksimal,” jelasnya.

Terpisah, Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Parepare Rasdi Adam membenarkan rencana pembelian armada damkar yang anggarannya memang telah plot pada APBD tahun ini.

Selain itu, kata Rasdi, tahun ini juga pada APBD perubahan, diajukan anggaran pembelian mobil tangki senilai sekitar Rp400 juta.  Karena, katanya, persatu unit damkar tembak, membutuhkan suplai sekali kerja dua tangki air.

Menurut Rasdi yang juga mantan Kadis Kebersihan Parepare, saat ini Parepare hanya memiliki empat unit damkar tembak dan armada mobil tangki. Itupun, kata dia, tiga diantaranya tidak berfungsi maksimal karena usianya sudah mencapai sekitar 20 tahun.

“Idealnya, untuk wilayah Parepare, mestinya ada lima damkar. Dengan pembelian damkar baru nantinya, kita harapkan jumlah ideal itu terpenuhi, meski tiga armada tidak bisa kita paksakan beroperasi,” paparnya.

Rasdi menambahkan, meski begitu, pemkot Parepare berkomitmen secara bertaham melakukan pergantian armada damkar dengan unit-unit yang baru, sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa betul-betul maksimal. “Tentu akan disesuaikan dengan kemampuan daerah,” pungkasnya.

loading...