Pangdam XIV Hasanuddin Ajak Saling Menghargai Tali Persaudaraan

BERBAGI
Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Jenderal TNI Agus Surya Bakti memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Masjid Umar Bin Khattab UMI/ SULSELEKSPRES.COM/ JUSRIANTO

MAKASSAR – Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Jenderal TNI Agus Surya Bakti memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Masjid Umar Bin Khattab di Kampus UMI, Jalan Urip Sumiharjo, Makassar, Selasa (12/9).

Dengan mengangkat tema “Islam dalam perspektif hidup berbangsa dan bernegara”. Dalam Kultumnya Jenderal TNI Agus mengatakan ada tiga poin penting yang harus dimiliki setiap manusia yaitu Ukhuwah islamiyah, Insaniah, dan Wathaniyah.

“Kita sebagai warga Indonesia harus bisa memiliki rasa Ukhwa Islamiyah yaitu merasakan ummat muslim yang ada di seluruh dunia adalah saudara yang patut kita lindungi,” ungkap Jenderal TNI Agus Surya Bakti.

Ia menambahkan bahwa rasa persaudaraan akan membuat konflik perbedaan hilang. Hal ini menjadikan bangsa Indonesia lebih kokoh dari sebelumnya.

“Ukhuwah Insaniah adalah rasa yang menganggap seluruh manusia yang ada dimuka bumi ini saudara kita, sedangkan Ukhuwah Wathaniyah adalah rasa saling menjaga kerukunan antara ummat beragama dan menghargai perbedaan yang ada di tanah air kita Indonesia.

Selain itu, setiap orang harus menerapkan hal ini agar tidak ada lagi perpecahan yang terjadi di Indonesia.

“TNI dan rakyat adalah satu. TNI adalah bagian dari rakyat dan rakyat adalah bagian dari TNI,” pungkas Jenderal TNI Agus Surya Bakti.

loading...