Menakar Dukungan Cagub Lewat Pengikut di Medsos, Siapa Tertinggi ?

BERBAGI
Empat figur bakal calon gubernur Sulsel/Int

MAKASSAR – Media sosial (Medsos) utamanya Facebook sudah menjadi arena pertarungan tersendiri para bakal calon gubernur (Cagub) Sulsel.

Tak jarang, kegiatan sosialisasi yang dipublikasi melalui medsos menggunakan konten berbayar untuk menarik lebih banyak perhatian dan interaksi pengguna internet.

Para cagub di Sulsel memiliki Fanspage atau halaman facebook sebagai wadah untuk para pendukungnya. Lantas siapa cagub dengan Fanspage yang memiliki pengikut terbanyak?. Berikut hasil pemantauan Sulselekspres.com pertanggal 16 September 2017 (sekitar pukul 00.15 Wita) terhadap 4 figur bakal calon gubernur.

 

Nurdin Abdullah

Nurdin Abdullah.(Int)

Nurdin Abdullah (NA) tidak hanya dikenal sebagai tokoh lokal. Nama besarnya sudah menasional lewat kinerjanya menjabat dua periode sebagai Bupati Bantaeng.

Tak heran kalau Fanspage centang biru dengan nama Nurdin Abdullah (@nurdin.abdullah) dari pria kelahiran Parepare, 7 Februari 1963 ini memiliki pengikut terbanyak, dengan 106.179 orang. Ini dengan 105.315 orang pengguna Facebook yang menyukai.

Fanspage lain dengan nama ‘1 Juta Like Untuk Nurdin Abdullah’ memiliki 2.186 pengikut. Kemudian halaman fanspage lain dengan identitas NA memiliki pengikut lebih sedikit yakni dikisaran hitungan ratusan orang pengikut.

 

Agus Arifin Nu’mang

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang menghadiri pemakaman atau rambu solo Nek Payung, paman dari ¬†Yohanes Rante di Lembang (desa) To’yasa Akung Kecamatan Bangkelekila Kabupaten Toraja Utara, Jumat (4/8)/ IST

Dua periode menjabat sebagai wakil gubernur dengan persepsi yang dianggap berhasil, ditenggarai kuat menjadi alasan kepopuleran Agus di media sosial Facebook.

Akun Fanspage Agus Arifin Nu’mang (@bagus.sulsel.official) memiliki pengikut terbanyak kedua dengan 44.470 mengikuti. Ini dengan 44.290 orang yang menyukai.

Akun lain seperti @AgusArifinNumang01 memiliki pengikut lebih sedikit. Akun yang juga menggunakan nama lengkap Agus Arifin Nu’mang tersebut memiliki 16.053 pengikut dan 15.939 orang menyukai.

 

Ichsan Yasin Limpo

Bakal calon gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo senyum sumbringah didekat kakaknya, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang juga Gubernur Sulsel/ist

Punggawa sapaan Ichsan Yasin Limpo (IYL) memiliki pengikut Fanspage terbanyak ketiga. Fanspage dengan nama ‘Ichsan Yasin Limpo-IYL’ (@iyasinlimpo) diikuti 39.729 pengguna facebook, dan mendapat like 39.418 orang.

Fanspage lain yang mencirikan nama Punggawa juga memiliki pengikut tidak sedikit. Seperti, ‘Ichsan Yasin Limpo’ (@KitaPUNGGAWASulSel) dengan 18.402 pengikut.

Ichsan diketahui banyak dikenal sebagai mantan Bupati Gowa dua periode, Ketua PMI, dan adik dari Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

 

Nurdin Halid

Nurdin Halid/Int

Ketenaran nama Nurdin Halid sebagai tokoh yang berkiprah secara nasional hingga internasional, hanya membuatnya menempati urutan keempat terbanyak pengikut Fanspage Facebook.

Fanspage centang biru dengan nama ‘Nurdin Halid’ (@NurdinHalidOfficial) hanya diikuti 33.375 orang, dan mendapat 32.976 orang menyukai.

Akun ini cukup aktif melakukan publikasi kegiatan-kegiatan Nurdin Halid belakangan ini. Tak jarang akun ini juga mempublis sesuatu dengan label konten ‘Bersponsor’ atau berbayar.

loading...