Amalia Hernández: Sang koreografer tari balet Dari Meksiko

BERBAGI
Amalia Hernández Navarro/Int

Sulselekspres.com –  Ballet Folklorico de Mexico tidak akan terkenal dan jadi bahan perbincangan dunia jika bukan karena wanita ini. Yup tarian ballet terkenal itu adalah karya dari Amalia Hernandez.

Tak salah kemudian jika mesin pencari raksasa Google merayakan kelahirannya hari ini 19 September dengan menjadi Google Doodle.

Google Doodle

Amalia Hernández Navarro, lahir di Ciudad de México, 19 September 1917 – meninggal di Ciudad de México, 5 November 2000 pada umur 83 tahun, dia adalah seorang koreografer tari balet asal Ciudad de México, Meksiko. Ia mendirikan klub penari Ballet Folklórico de México.

Hernández adalah anak dari politikus dan tentara Lamberto Hernández dan istrinya Amalia Navarro. Ia menjadi pelopor perkembangan tarian Baile Folklórico, tarian yang mengedepankan nilai-nilai folklor khas Meksiko dengan koreografi yang telah ditata dan kaya akan gerakan hentakan kaki.

Dikutip dari wikipedia, Pada tahun 1952, Hernández membentuk kelompok penari Ballet Folklórico de México.

koreografer tari balet asal Ciudad de México/Int

Kelompok penari yang awalnya beranggotakan delapan orang ini kemudian berkembang dengan beranggotakan 60 orang pada 1959. Kelompok tari ini juga didelegasikan oleh negara dalam penampilan di Pan American Games di Chicago, Illinois, pada tahun yang sama.

Sejak tahun 1960, Hernández telah mengkreasikan lebih dari 60 koreografi Baile Folklórico. Tariannya pun sering dimainkan pada hari-hari tertentu di gedung Palace of Fine Arts, Ciudad de México.

Selain itu, ia mendirikan Sekolah Tari Ballet Folklórico de Mexico pada tahun 1968 di Ciudad de México. Saudara laki-lakinya, Agustín Hernández Navarro, bertugas untuk merancang gedung sekolah tari tersebut.

loading...