MotoGP: Valentino Rossi Kembali Bugar

BERBAGI

MISANO – Pembalap asal Italia, Valentino Rossi dijadwalkan segera berlatih di Sirkuit Misano untuk melihat seberapa besar dirinya bisa kembali mengaspal di MotoGP. Sang pembalap sebetulnya masih dalam masa pemulihan pasca-operasi.

Menurut laporan di Italia, Rossi akan tampil di Misano pada hari Selasa (19/9/2017) menggunakan motor Yamaha R6 yang biasa digunakan Yamaha WorldSBK. Tujuannya, untuk melihat seberapa bugar dia di lintasan balap.

Dalam laporan yang sama, disebutkan bahwa Rossi turun ke lintasan dengan harapan bisa tampil di Sirkuit Aragon, Spanyol, akhir pekan ini. Jika dia tidak sanggup, Yamaha baru menurunkan pembalap pengganti yakni Michael Van Der Mark.

Rossi sebetulnya terkesan agak memaksakan diri dengan tampil di Misano besok. Pasalnya, sejak keluar rumah sakit pada 2 September 2017 lalu, Rossi disebut membutuhkan waktu setidaknya 30 hari untuk bisa kembali balapan.

Sekadar informasi, Rossi dibekap cedera setelah latihan ketahanan di kampung halamannya, Kamis (31/8/2017) lalu. Akibat kecelakaan tersebut, Rossi absen di GP San Marino dan terancam absen di Aragon besok.

Seperti dilansir Crash.net, Movistar Yamaha telah mengkonfirmasi bahwa Valentino Rossi ikut dalam sesi ujicoba di R1 Superbike di Misano pada Senin petang, namun kedatangan hujan berarti evaluasi kondisi fisiknya terbukti tidak meyakinkan.

Rossi akan memutuskan pada akhir Rabu jika ia bisa mencoba dan mengendarai MotoGP Aragon akhir pekan ini, yang dimulai hanya 22 hari setelah melanggar tibia dan fibula kanannya dalam kecelakaan latihan enduro.

‘Mengikuti sebuah kecelakaan enduro pada 31 Agustus, Valentino Rossi telah rajin mengerjakan pemulihannya dari patah tulang ganda di kaki kanannya,’ baca sebuah pernyataan Movistar Yamaha.

‘Hari ini Juara Dunia sembilan kali menempatkan tingkat kebugarannya untuk ujian dan berhasil menyelesaikan beberapa putaran di Sirkuit Dunia Misano Marco Simoncelli di YZF-R1M, sebelum hujan mengganggu percobaan.

‘Karena sesi berkuda saat ini terputus karena perubahan cuaca, evaluasi kondisi fisik Rossi tidak meyakinkan. Dia akan memutuskan pada akhir Rabu, 20 September, apakah dia akan berusaha untuk ambil bagian dalam Gran Premio Movistar de Aragón akhir pekan ini. ‘

Bintang Yamaha WorldSBK Michael van der Mark sudah siap untuk menggantikan Rossi jika orang Italia itu lagi absen, karena sudah ketinggalan MotoGP San Marino.

Kata-kata ‘berusaha untuk ambil bagian’ menyarankan agar Rossi mencoba dan mengikuti latihan di hari Jumat sebelum memutuskan apakah akan melanjutkan akhir pekan Aragon, mengingat sifat tidak meyakinkan dari jalan-jalan hari ini. Tidak jelas apakah Rossi akan mencoba dan mengendarai R1 lagi pada hari Selasa, cuaca memungkinkan.

Rossi berada di urutan keempat dalam kejuaraan dunia dan 42 poin dari pemimpin gelar bersama Marc Marquez dan Andrea Dovizioso , dengan maksimal 125 poin masih tersedia.

Jika The Doctor memutuskan untuk mengambil risiko kembalinya awal, motivasi utama pasti adalah bahwa dia merasa gelar tahun ini masih mungkin dilakukan.

Menurut beberapa sumber Italia, termasuk GPOne.com , The Doctor sedang mempertimbangkan untuk mencoba motor R1 (R6) di sirkuit pada hari Selasa.

Yamaha telah ditanyai tentang laporan tersebut, namun belum merespon.

Jika benar, tes tersebut berarti juara dunia sembilan kali ini mengingat comeback MotoGP awal di Aragon akhir pekan ini.

Tapi sayang bagi Rossi, siapa yang butuh waktu lintasan kering untuk memahami kekuatan di kaki penyembuhannya, cuaca buruk diperkirakan akan terjadi pada Misano pada hari Selasa dan masih harus dilihat apakah tes itu akan terjadi.

loading...