Mencium Aroma Makanan Bisa Picu Berat Badan Naik

BERBAGI
ilustrasi mencium aroma makanan/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Proses mencerna makanan ternyata memiliki hubungan dengan indra penciuman. Hal ini tentunya akan menjadi tantangan bagi Anda yang tengah menjalankan program diet.

Aroma makanan ternyata sangat penting dalam proses pencernaan

Lalu mengapa hal ini menjadi penting? Penelitian yang telah dipublikasikan di Journal Cell Metabolism dilansir dari hellosehat.com, menemukan bahwa aroma makanan bisa menyebabkan tubuh lebih memilih menyimpannya dibandingkan membakarnya.

Sederhananya, indra penciuman yang tergolong dalam sistem sensorik ini berperan dalam metabolisme, atau proses tubuh mencerna dan mengolah makanan menjadi energi. Berat badan yang Anda miliki tidak hanya soal berapa banyak kalori yang Anda konsumsi dari makanan, namun hal ini juga berkaitan dengan bagaimana kalori tersebut digunakan.

Penelitian ini menurut CĂ©line Riera, dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles seperti dilansir Medical Daily menunjukkan bahwa aroma makanan akan bekerjasama dengan otak, sebab otak sebagai pengatur keseimbangan energi.

Aroma makanan yang kuat bisa membuat Anda makan dengan asupan kalori lebih banyak. Selain itu, setelah Anda makan, kalori cenderung disimpan oleh tubuh, bukan dicerna dan dibakar jadi energi. Inilah yang akhirnya membuat berat badan Anda naik.

loading...