Polda Sulsel Peringati Tahun Baru Islam

BERBAGI
Peringatan Tahun Baru Islam oleh Polda Sulsel/ IST

MAKASSAR – Dalam rangka Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram, Polda Sulsel dan jajarannya melakukan kegiatan semarak Syiar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H di Mesjid Syuhada 45 Mapolda Sulsel, Senin (25/9).

Dengan mengangkat tema “Dengan semangat Tahun Baru Islma 1439 H, kita bangun SDM yang Religius, unggul dan Kompetitif”. Acara ini turut dihadir oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol. Muktiono, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur Laupe, para Pejabat Utama Polda Sulsel dan Penceramah Ustadz Abd.Rahman Qayyum, serta anggota Polri dan PNS Polda Sulsel.

Dalam sambutannya Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Muktiono menyampaikan bahwa Kegiatan bertujuan mendekatkan pada Allah SWT.

“Diperlukan pembinaan mental bagi Polisi agar tahan banting menegakkan hukum dan memberantas kejahatan, karena pelaksanaan tugas Polisi itu banyak halangan dan godaan ” Ungkap Muktiono.

Oleh karena itu kata Muktiomo perlu persiapan fisik mental, dengan melaksanakan giat agama agar menambah keyakinan kita bahwa kita sudah berada di jalan yang benar untuk memberantas kejahatan.

“Kita menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab yang kita emban sebagai pelindung, pengayom, pelayan dan penegak hukum kepada masyarakat penuh dengan tantangan, seiring dengan tugas yang semakin komplek tersebut kita dituntut untuk memiliki kesiapan mental yang handal dan bertanggung jawab,” kata Muktiono.

Selain itu, Mantan Kapolda Maluku itu juga mengatakan kesiapan mental tersebut dimaksudkan agar anggota Polri yang melaksanakan tugas dapat bertanggung jawab dan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang tercela yang dapat merugikan institusi Polri maupun pribadi anggota yang bersangkutan.

“Betapa pentingnya kesiapan mental bagi kita sehingga dari waktu ke waktu harus terus dibina dan diperbaharui sehinga dapat menjadi perisai hati kita untuk tidak melakukan perbuatan tercela. Salah satu kegiatan yang dapat memupuk kesiapan mental kita adalah dengan terus melakukan kegiatan kerohanian yang salah satunya adalah dengan menyemarakkan Syi’ar Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriyah,” tandas Muktiono.

Sementara itu,Dalam ceramahnya Prof.Dr.Abd.Rahman Qayyum menyampaikan dengan mental spritial yang baik, Polisi akan mampu memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat melalui tugas-tugas kepolisian, jadikan Syi’ar Tahun Baru Islam ini sebagai ajang memperbaiki diri sehingga dapat menjadikan kita insan yang selalu bersyukur kepada Allah SWT dengan beribadah melalui pelaksanaan tugas Polri yang lebih baik dimasa mendatang.

Ini tentunya menjadi pondasi yang kokoh bagi langkah kita dalam mewujudkan program Revitalisasi Polri yang pada akhirnya pelayanan prima kepada masyarakat bisa tercapai dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang lebih baik.

“Dengan momentum tahun baru islam, 1 Muharam 1439 H ini marilah kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada allah swt dan kita jadikan kebenaran, kejujuran, kecerdasan serta transparansi sebagai landasan kita bekerja,” kata Ustadz Abd.Rahman.

Ia menambahkn bahwa Rasululullah SAW berhijrah ke Medinah, pertama kalinya yang dilakukan yaitu membangun mesjid yang bermakna pembangunan Mental Spiritual,

“Jika Polri ingin menurunkan Frekuensi kejahatan dapat mencontoh kepemimpinan Khalifah Umar Bin Khattab. Selain itu, personil Polri juga dapat menerapkan tahapan sesuai dalam hadis Nabi Muhammad SAW, bila menemukan kejahatan harus diubah dengan Tangan atau kebijakan, Lisan dan Qalbu,” tandas Uztas Abdul Rahman.

loading...