Dinas Kesehatan Makassar Gelar Pelatihan SP2TP

BERBAGI
Dinas Kesehatan Makassar Gelar Pelatihan SP2TP

MAKASSAR – Dalam upaya meningkatkan dan memperkuat pencapaian kualitas data kesehatan yang lebih baik membutuhkan upaya untuk memperkuat sistem kesehatan Nasional, melalui penguatan kualitas data sistem informasi kesehatan.

Maka dengan itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menggelar pelatihan data set prioritas dan Sistem Pencatatan Pelaporan Tingkat Puskesmas (SP2TP) online, di Hotel Romedo, Selasa (26/9/2017).

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Makassar Naisyah T Azikin mengatakan, bahwa sistem informasi kesehatan harus mampu menyediakan data dan informasi yang lengkap, akurat serta tepat waktu sebagai bahan masukan dalam pengambilan keputusan.

“Dari setiap proses manajemen kesehatan, itu semua kita harus punyai dalam memberikan informasi kesehatan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Naisyah juga menyampaikan, pengembangan sisitem informasi kesehatan, puskesmas diharapkan agar penyajian datanya lebih cepat, tepat serta akurat. Sehingga menurutnya informasi yang disajikan di puskesmas dapat dipakai di berbagai tingkatan.

“Dengan adanya hal tersebut di puskesmas untuk kepentingan manajemen pasien, manajemen unit guna meningkatkan mutu pelayanan kepada masyrakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, Naisyah menyebutkan masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan sistem informasi, karenanya dijalankan fokus penguatan sistem informasi kesehatan yang ada di Indonesia, salah satunya dengan penataan data transaksi di fasilitas pelayanan kesehatan melalui pembenahan SP2TP.

loading...