Ini Empat Manfaat Berkeringat

BERBAGI
Ilustrasi Berkeringat/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Berkeringat bagi sebagian orang adalah hal yang perlu dihindari. Tak jarang, mereka lebih memilih untuk banyak duduk ataupun berada di ruang bera AC agar terhindar dari keringat.

Namun sebenarnya, berkeringat adalah salah satu hal yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Manfaat berkeringat untuk kesehatan, dilansir dari hellosehat.com:

1. Membuang racun dari tubuh

Keringat adalah cara alami tubuh Anda untuk membuang racun. Selain mengandung cairan tubuh, keringat juga membawa berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam seperti kadmium, aluminium, dan mangan yang berpotensi beracun jika terlalu banyak disimpan dalam tubuh.

Ada kurang lebih dua hingga lima juta kelenjar keringat yang tersebar di kulit manusia untuk membantu membuang banyak zat beracun yang ada di tubuh.
2. Mempercantik kulit

Pada saat Anda berkeringat, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar. Itu sebabnya banyak yang bilang bahwa berolahraga bisa bikin Anda tambah cantik.

Namun manfaat ini hanya bisa didapatkan bila Anda berkeringat dengan tidak berlebihan. Jika keringat keluar secara berlebihan atau disebut sebagai hiperhidrosis, kondisi ini justru dapat memicu tumbuhnya jamur dan munculnya eksim. Untuk itu, hindari kafein yang dapat memicu keringat berlebih.
3. Menurunkan stres

Keringat tidak secara langsung dapat menurunkan stres atau meningkatkan suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna dapat melepaskan endorfin dan senyawa kimia lainnya yang dilepaskan otak untuk memperbaiki mood dan menurunkan stres secara natural.
4. Menurunkan risiko batu ginjal

Berkeringat bisa menjadi cara yang efektif untuk mengeluarkan garam dan mempertahankan kalsium di tulang Anda. Hal ini dapat membatasi akumulasi garam dan kalsium di ginjal dan urin yang merupakan asal dari batu ginjal. Bukan kebetulan jika orang yang berkeringat cenderung minum lebih banyak air dan cairan, yang merupakan metode pencegahan lain untuk batu ginjal.

Sebuah penelitian pada konferensi American Urological Association, menemukan bahwa berjalan selama beberapa jam dalam seminggu dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Berkeringat membantu membersihkan sistem lebih efisien karena menuntut tubuh untuk minum lebih banyak.

loading...