Alam Bawah Laut, Ini 4 Manfaat Scuba Diving Bagi Kesehatan

BERBAGI
Salah seorang penyelam melakukan penyelaman di seputar Terumbu Karang di perairan Pulau Samalona, Makassar/ IST

SULSELEKSPRES.COM – Olahraga Self-Contained Underwater Breathing Apparatus (Scuba) diving, menjadi salah satu olahraga sekaligus rekreasi bawah laut yang terus mendapatkan peminat.

Scuba merupakan peralatan yang digunakan saat menyelam, seperti tabung oksigen, regulator, tanki, yang terpasang pada BCD (Buoyancy Compensator Devices) dan alat penambah berat, serta masker untuk menjelajah alam bawah laut. Pealatan itu tentunya sangat berat jika dibawah di atas permukaan lau. Namun, selain berekreaasi dengan pemandangan bawah lau, manfaat scuba diving ternyata cukup menyehatkan.

Ini empat manfaat scuba diving untuk kesehatan, dilansir dari hellosehat.com

1. Melatih semua otot tubuh

Saat Anda mulai menyelam, seluruh otot tubuh Anda akan melawan arus air yang berat. Menurut pakar kebugaran Kelly Rockwood dari Women’s Health, para penyelam biasanya tidak sadar bahwa kegiatan yang mereka lakukan di bawah air sebenarnya tergolong aktivitas fisik yang cukup berat.

Pasalnya, ketika berada di dalam air, gerakan dan beban tubuh seolah terasa lebih ringan. Padahal, yang terjadi sebetulnya adalah para penyelam menggunakan kelompok otot utama tubuh untuk mendorong diri mereka bergerak melawan resistensi air sembari menjelajah lautan.

Maka tak jarang, kalau sehabis melakukan olahraga scuba diving, tubuh bisa terasa sangat lelah. Terlebih lagi, saat menyelam Anda akan memakai atau membawa tabung oksigen dengan berat sekitar 30 sampai 40 kilogram serta peralatan-peralatan lainnya yang berkisar sampai 10 kilogram.

Karena itu, otot Anda pun akan jadi lebih terlatih dan terbentuk, tanpa perlu berkeringat berlebihan seperti ketika Anda latihan nge-gym di pusat kebugaran.

2. Bakar kalori besar-besaran

Tahukah Anda kalau dengan olahraga scuba diving selama 30 menit, Anda bisa membakar sekitar 400 kalori? Ya, berkat resistensi dan gerakan di dalam air, Anda ternyata mampu membakar kalori lebih banyak. Namun, manfaat scuba diving ini tergantung dari berat badan, arus air, dan intensitas menyelam yang Anda lakukan.

Brad Johnson, Ph.D., seorang ahli kebugaran dan penulis buku kesehatan menyarankan, jika Anda beberapa kali menyelam dalam satu hari, jangan lupa untuk makan dengan porsi yang cukup dan minum air mineral sebanyak mungkin. Karena pada dasarnya kalori Anda sudah terkuras cukup banyak, jika tidak diimbangi dengan asupan makanan yang cukup dikhawatirkan akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.
3. Melatih pernapasan

Menurut Journal of Alternative and Complementary Medicine, Anda dilarang untuk sekadar menahan napas pada saat menyelam. Mengapa tidak boleh? Pada saat menyelam, Anda justru harus menggunakan pernapasan dalam (biasanya menggunakan napas perut), hal ini bertujuan untuk menghindari risiko cedera pada paru-paru.

Selain itu, menurut Harvard Medical School, pernapasan menggunakan napas perut bisa meningkatkan fungsi paru sekaligus memperkuat sistem pernapasan. Bonus lainnya, dengan menggunakan pernapasan dalam, Anda membiarkan tubuh menyerap lebih banyak oksigen dan melepaskan lebih banyak karbon dioksida. Teknik pernapasan dalam juga dapat mengatasi depresi, kecemasan, dan gangguan terkait masalah stres.

4. Menghilangkan stres

Manfaat scuba diving yang satu ini jarang diketahui. Dengan mengombinasikan keluarnya hormon endorfin saat menyelam, melakukan pernapasan dalam, dan melihat pemandangan bawah laut yang cantik, scuba diving bisa membantu Anda melepas stres. Jadi bagaimana, tertarik mencoba olahraga yang unik ini?

Jadi tidak ada saalahnya anda untuk mencoba Scuba Diving, khususnya warga Sulsel yang memiliki spermonde dengan alam bawah laut yang masih terjaga keindahan habitatnya. Namun satu hal yang perlu anda ketahui adalah diving yang bernapas dengan oksigen bercampur nitrogen sehingga tidak bisa menahan napas terlalu lama, karena akan membahayakan paru- paru. Selain itu, diving tidak disarankan dilakukan sendiri, melainkan harus berpasangan, untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.

loading...