Jurusan K3 dan Kesling Upri Makassar Kunjungi Bank Sampah Turikale

BERBAGI
Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar melakukan Kunjungan Industri di Bank sampah induk Turikale, Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis (28/9)/ IST

MAROS – Puluhan Mahasiswa dari Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (KKK) dan Jurusan Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar melakukan Kunjungan Industri di Bank sampah induk Turikale, Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis (28/9).

Dosen Pembimbing Ahmad Syaekhu mengatakan, bahwa tujuan dari kunjungan industri tersebut, untuk memberikan wawasan langsung dengan melihat aplikasi ilmu K3 dan Kesling di lapangan untuk menyandingkan dari hasil teori yang di pelajari di universitas selama berkuliah ini.

“Untuk melihat langsung disiplin ilmu K3 dan Kesling, maka kita mengunjungi Bank Sampah Induk Turikale Maros ini, karena disini penerapan-penerapan dua ilmu tersebut di terapkan dengan baik,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bank Sampah Turikale Maros, Hasrullah menjelaskan bahwa Bank sampah ini salah satu wadah bagi mahasiswa untuk menimba ilmu, bagaimana cara mengelola sampah agar bisa di daur ulang.

“Disinilah proses sampah bisa diurai agar dapat digunakan lagi melalui proses daur ulang, bahkan melalui proses ini lingkungan dapat bersih karena memberdayakan sampah,”sambutnya.

Selain itu, Hasrullah berharap mahasiswa UPRI Makassar dapat bersinergi dengan memberikan masukan atas kekurangan dari bank sampah ini, untuk dijadi evaluasi demi bisa menambah perbaikan dalam pengelolaan bank sampah Turikale kedepannya.

Bank Sampah Turikale sendiri pada tahun 2016 lalu telah memberikan efek positif terhadap masyarakat, bahkan modal yang berputar sebanyak Rp 800 juta sudah menambah nilai ekonomi bagi masyarakat Maros itu sendiri melalui bank sampah tersebut.

loading...