Malam Ini, Golkar Gelar Pleno Penonaktifan Ketum Setya Novanto

BERBAGI
Ketua DPR RI, Setya Novanto/ INT

JAKARTA – DPP Partai Golkar akan melaksanakan rapat pleno soal penonaktifan Ketua Umum Setya Novanto (Setnov), yang rencananya digelar malam ini.

“Besok malam jam 19.00 WIB pleno,” kata Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Partai Golkar, Yorrys Raweyai, Kamis (28/9) malam, dilansir dari kompas.com.

Tim Kajian Elektabilitas Partai Golkar sebelumnya merekomendasikan evaluasi kepemimpinan Novanto. Sebab, dari hasil kajian ditemukan bahwa elektabilitas Golkar merosot sejak Novanto terjerat kasus korupsi e-KTP.

Di samping itu, kata Yorrys, Novanto lebih baik fokus memulihkan kesehatannya. DPP akan mendengarkan jawaban Novanto hari ini.

“Rekomendasi kami kan ini saran, tapi soal keputusan itu kan di tangan dia (Novanto) karena dia masih ketua umum,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid memastikan, evaluasi kepemimpinan tetap dilaksanakan meski Novanto menang praperadilan. Adapun putusan praperadilan Novanto juga akan dibacakan Jumat.

Setnov sendiri saat ini mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan tersangka oleh KPK pada kasus korupsi pengadaan KTP elektronik atau e-KTP.

Ketua Umum Partai Golkar itu diduga menguntungkan diri atau orang lain atau korporasi dan menyalahgunakan kewenangan dan jabatan, pada kasus e-KTP, senilai Rp 5,9 triliun dan disetujui oleh anggota DPR. Setnov diduga terlibat pada kasus yang merugikan negara Rp 2,3 triliun.

loading...