PKPI Putuskan Dukung NH-Aziz di Pilgub Sulsel

BERBAGI
KetuaDPP PKPI Sulsel, Suzanna Kaharuddin bersama Nurdin Halid

JAKARTA – Dukungan partai politik terhadap pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar, terus bertambah. Setelah Golkar, PPP dan NasDem, giliran PKPI yang secara resmi menyatakan dukungannya terhadap pasangan nasionalis-religius tersebut. Hal itu dibuktikan dengan terbitnya surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKPI kepada NH-Aziz.

“Memang benar sudah diterbitkan SK rekomendasi pengusungan NH-Aziz dari DPN PKPI. Nantinya akan ada seremoni penyerahan SK rekomendasi kepada NH-Aziz yang akan dihadiri oleh pengurus dan kader PKPI dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Saya upayakan ketua umum Prof Hendropriyono akan hadir,” kata Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PKPI Sulsel, Suzanna Kaharuddin, saat dihubungi, Jumat, 29 September.

Dukungan PKPI terhadap NH-Aziz merujuk pada penjaringan yang dilakukan mulai dari daerah. Diketahui ada empat figur yang mendaftar di PKPI. Selain NH-Aziz, ada pula Agus Arifin Nu’mang, Nurdin Abdullah-Tanribali Lamo dan Rivai Ras. Yang ikut fit and proper test hanya NH dan Rivai Ras.

“Selanjutnya setelah melihat hasil survei, pilihan akhirnya jatuh kepada NH yang berpasangan dengan Aziz,” terangnya.

SK rekomendasi NH-Aziz dari DPN PKPI diteken langsung oleh ketua umum Prof Hendropriyono dan sekretaris jenderal Imam Anshori Saleh pada 25 September. Surat bernomor 141/DPN PKP IND/IX/2017 itu mencantumkan empat poin. Dua poin di antaranya tak lagi relevan lantaran menyangkut permintaan memenuhi syarat dukungan kursi yang mana sudah lama dipenuhi NH-Aziz.

SK PKPI untuk NH-Aziz di Pilgub Sulsel

Berdasarkan salinan SK rekomendasi tersebut, DPN PKPI juga secara tegas menginstruksikan kepada seluruh pengurus dan kader untuk memenangkan NH-Aziz.

“Diinstruksikan agar DPP PKPI Sulsel dan seluruh jajaran untuk berkoordinasi dan membantu NH-Aziz memenangkan Pilgub Sulsel, termasuk membuat laporan berkala kepada pengurus pusat,” tutur Suzanna.

Disinggung mengenai agenda penyerahan SK rekomendasi kepada NH-Aziz, Suzanna mengungkapkan pihaknya masih dalam proses mempersiapkannya.

Secepatnya, kata dia, pihaknya akan menggelar seremoni tersebut agar pengurus dan kader DPP PKPI Sulsel bisa segera bekerja memenangkan pasangan dengan visi ekonomi kerakyatan tersebut. “Intinya, PKPI tidak akan main-main dan akan solid untuk memenangkan NH-Aziz,” tegas dia.

Dukungan PKPI diyakini semakin memperkuat mesin parpol dari tim pemenangan NH-Aziz. Dukungan itu juga meneguhkan itikad baik NH-Aziz untuk merangkul semua pihak dalam membangun Sulsel Baru.

Dalam berbagai kesempatan, NH menegaskan niatnya maju di Pilgub Sulsel bukanlah untuk mengejar kekuasaan. Karena itu pula, meski dukungan kursi dari Golkar sudah cukup, ia tetap menggalang dukungan dari parpol lain.

Sejauh ini, NH-Aziz sudah mengumpulkan 33 kursi dari koalisi Golkar, PPP, NasDem dan PKPI. Jumlah itu jauh di atas syarat dukungan kursi untuk Pilgub Sulsel yang hanya perlu 17 kursi. Adapun komposisi kursi parpol pengusung NH-Aziz yaitu Golkar (18 kursi), PPP (7 kursi), NasDem (7 kursi) dan PKPI (1 kursi).

loading...