Jubir NH-Aziz Semprot Mantan Ketua Nasdem Sulsel

BERBAGI
Anggota DPR RI, Luthfi A Mutty/ INT

MAKASSAR – Mantan Ketua Nasdem Sulsel sekaligus anggota DPR RI, Luthfi A Mutty menyindir foto sakit Ketua DPP Golkar, Setya Novanto (Setnov).

Hal ini menjadi pemicu jubir calon gubernur Sulsel Nurdin Halid-Aziz Qahar (NH-Aziz) berang. Cara berfikir Luthfi dianggapnya tidak mencerminkan sikap negarawan ataupun posisinya sebagai wakil rakyat. Terlebih, statement itu terkesan ikut menyindir Nurdin Halid (NH) yang enggan mengomentari kejanggalan foto sakit Setnov yang ramai dibincangkan warganet.

Melalui akun Facebooknya, Luthfi diketahui mengomentari sebuah tautan berita media online berjudul ‘Nurdin Halid Tak Mau Komentari Kejanggalan Foto Sakit Setnov di RS’. Ia menyebut sakit Setnov yang merupakan koleganya di DPR RI sebatas akting semata lantaran tengah dibidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus E-KTP.

“Actingmi sedeng,” tulis Luthfi.

Tidak berhenti sampai di situ, Luthfi lantas mengomentari pernyataan NH yang enggan membahas kejanggalan foto sakit sang Ketua DPR RI. Luthfi berbicara atas permintaan tanggapan seorang warganet.

“Pepatah dalam bahasa Inggris mengatakan : Birds of the same feather flock together, artinya burung sejenis terbang bersama,” tulis Luthfi lagi.

Pernyataan Luthfi inilah direspon oleh juru bicara NH-Aziz, Muhammad Natsir, sebagai sebuah kesalahan analogi. Selain itu, dengan mencibir koleganya yang sakit maupun orang yang datang menjenguk, cara berpikir Luthfi disebutnya jauh dari sikap negarawan dan muslim sejati.

“Bird of the sama father flock together itukan burung bukan manusia. Jadi, analogi tersebut tentunya tidak sepadan. Cara berpikir Luthfi mestinya menunjukkan cara berpikir negarawan, bukan pesimis picisan,” tegas Natsir, Sabtu, 30 September.

Menurut Natsir, Luthfi tidak semestinya mencurigai dan menertawakan Setnov yang sedang terbaring lemah di rumah sakit. Terlepas dari benar atau tidaknya sakit yang diderita Setnov, Luthfi sebagai muslim yang baik sepatutnya tetap menjenguk dan mendoakan. Terlebih, Setnov merupakan kolega Luthfi yakni sesama wakil rakyat.

“Sebagai negarawan dan tentunya sebagai muslim yang baik, nabi dan para ulama mensunnahkan kita untuk mendoakan dan menjenguk orang yang sakit. Bukan mencurigai dan menertawakan. Apalagi posisi Luthfi sebagai wakil rakyat mestinya menjadi panutan,” ucap Natsir yang juga fungsionaris Golkar.

Menurut Natsir, bila Luthfi memiliki keraguan terhadap sakit yang diderita oleh Setnov, sebaiknya datang menjenguk dan melihat langsung kondisinya. Bukan malah berkomentar di publik tanpa bukti. Lagi-lagi sebagai muslim yang baik, kata dia, Luthfi semestinya paham bahwa agama Islam senantiasa mengajarkan untuk tabayyun.

“Jika Luthfi memang ragu dengan kondisi Setnov, ya monggo dijenguk. Agama mengajarkan kita untuk bertabayyun dengan melakukan cek and recheck segala informasi sehingga segala sesuatunya bisa dibenarkan atau disalahkan untuk kemaslahatan umat,” pungkasnya.

Diketahui, Partai Nasdem sebenarnya menjadi pengusung NH-Aziz di Pilgub Sulsel.

loading...