Kwarcab Makassar wakili Sulsel pada LT V Pramuka Penggalang ditingkat Nasional

BERBAGI
Kwarcab Makassar wakili Sulsel pada LT V Pramuka Penggalang ditingkat Nasional.

MAKASSAR – Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 11-058 SMP Negeri 12 Kwarcab Makassar mewakili Kwarda Sulsel untuk mengikuti Lomba Penggalang Tingkat Nasional (LT V). yang akan diadakan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, yang akan dimulai pada tanggal 22-28 Oktober 2017, dan akan dibuka oleh Presidwn RI Joko Widodo.

Ketua Kwarcab Kota Makassar Ibrahim Saleh yang di temui di Sekretariat Kwarcab Kota Makassar mengatakan LT V adalah perkemahan lomba ketangkasan bagi Pramuka tingkat Penggalang yang mana kali ini Kwarda Sulsel mengutus 2 regu Penggalang tangguh, masing-masing 1 regu putri Kwarcab Makassar (Regu Putri SMP 12) dan 1 regu putra dari Kwarcab Maros.

“Mereka akan kami utus dan diberangkatkan ke Cibubur pada tanggal 19 Oktober mendatang dengan pesawat Garuda Indonesia,” kata Ibe sapaan akrab Ibrahim Saleh.

BACA: Walikota Danny Pimpin Apel Besar Gerakan Pramuka Kota Makassar

Ibrahim Saleh menjelaskan, bahwa untuk lolos dan mengikuti LT V tingkat Nasional ini tidaklah muda, semua tahapan melalui seleksi ketat dan prosesnya panjang yang di mulai sejak 2016 lalu.

“Yang terpilih ke LT V ini, lanjut ibe adalah anggota Pramuka Penggalang yang lolos seleksi lomba, mulai dari tingkat Gugus Depan (LT I), tingkat kecamatan atau Kwarran (LT II). Kemudian lanjut sampai seleksi di tingkat Kota (Kwarcab Makassar) atau LT III.

Ditingkat Kota Makassar sendiri, lanjut penerima lencana melati ini mengatakan, setiap Kwarran (14 kecamatan) akan mengutus masing-masing 2 regu terbaiknya penggalang putra dan putri. kemudian yang menang di LT III, berhak mengikuti seleksi ditingkat Kwarda Sulsel atau LT IV.

BACA: UKM Pramuka STIKIP Mega Rezky Gelar Penerimaan Anggota Baru

“Yang juara pada lomba tingkat Provinsi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Bili-bili, di Kabupaten Gowa adalah regu putri SMP 12 Makassar dan regu putra dari Kwarcab Maros,” tandasnya.

Ibrahim Saleh optimis, Kwarcab Makassar akan tampil allout untuk bersaing dengan Penggalang dari seluruh kwarda yang datang dari seluruh Indonesia.

“Kami optimis, Kwarcab Makassar akan tampil allout bertekad meraih prestasi tinggi diajang bergengsi ini. Apalagi anggota kami ini adalah jebolan Penggalang Garuda yang tak diragukan lagi kemampuannya dalam menghadapi segala tantangan atau rintangan, mereka sudah digembleng jauh jauh hari sebelumnya,”ungkapnya dengan optimis.

BACA: Pramuka Poltekkes Makassar Perkenalkan Wisata Malino Lewat Kemah Racana

Anggota Pramuka Garuda adalah prestasi dan penghargaan tertinggi pada Pramuka Penggalang. Mereka adalah pasukan khusus yang sudah terlatih dengan berbagai keterampilan menghadapi berbagai macam kondisi dan siap untuk melaksanakan kegiatan kemanusiaaan.

Pada Peringatan Hari Pramuka Agustus 2017 yang dipusatkan di Lapangan Karebosi, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto telah melantik 8 anggota Pramuka Garuda SMP 12 Makassar sekaligus melepas kontingen Kwarcab Makassar untuk mengikuti lomba Penggalang tingkat Nasional.

loading...