Gugus Depan Pramuka STKIP Mega Rezky Makassar Latihan Gabungan Nasional IX

BERBAGI
Pangkalan Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Latihan Gabungan Nasional Pramuka Perguruan Tinggi (Latgabnas Perti) se-Indonesia IX Tahun 2017.(Int)

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Salah salu perhelatan akbar Pramuka yang di peruntukkan bagi Mahasiswa yaitu LATGABNAS (Latihan Gabungan Nasional). LATGABNAS ini merupakan ajang pertemuan antara pramuka se Indonesia yang berpangkalan di perguruan tinggi.

Pada tahun ini LATGABNAS merupakan kegiatan ke 9 yang Akan di helat di Makassar tepatnya tanggal 1-7 Oktober 2017 dan pelaksanaanya UKM Pramuka Universitas Negeri Makassar.

Sebanyak 127 peserta ikut terlibat dalam ajang ini. Mereka berasal dari 38 perguruan tinggi seluruh Indonesia. salah satunya adalah GUGUS DEPAN Pramuka STKIP Mega Rezky Makassar yang mengutus Suhaemin (Ketua Racana La Tenri Tatta), Rahmad (Sekretaris Racana La Tenri Tatta), Anwar (Bendahara Racana La Tenri Tatta), Agusmiati (Ketua Racana I Mani Ratu), Nurinsan (Sekretaris Racana I Mani Ratu), dan Fovian Randa (Bendahara Racana I Mani Ratu) yang merupakan pengurus inti racana untuk menjadi peserta berpartisipasi pada Latihan Gabungan Nasional (Latgabnas) IX Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM).

Kegiatan LATGABNAS KE – IX ini terdapat beberapa jenis kegiatan sepertu giat umum, giat wawasan, giat rescue, dan giat wisata Kegiatan ini dihelat selama tujuh hari, penyambutan peserta dilaksanakan di Pelataran Menara Pinisi, Minggu (1/10).

Kegiatan pembukaan LATGABNAS IX ini dilaksanakann pukul 09.00 WITA tanggal 2 Oktober 2017. Kegiatan ini bertempat di Gedung Teater lantai 3 Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar.

Ada hal yang lebih sakral di acara ini dan menjadi pembeda dari yang lain yaitu Buka adat Bhinneka Tunggal Ika yang dipimpin langsung oleh Kak Yudha Adyaksa selaku Ketua Dewan Kerja Nasional. Kegiatan buka adat Bhinneka Tunggal Ika ini merupakan kegiatan buka adat yang pertama kali dilaksanakan sepanjang adanya kegiatan Latgabnas I-IX.

Setelah itu, acara sambutan-sambutan yang diawali oleh Ketua Reka Kerja Latgabnas IX, dilanjutkan oleh Ketua Mabigus Gugus Depan Kota Makassar 08.095 – 08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar dalam hal ini Rektor Universitas Negeri Makassar yang juga langsung sebagai Keynote Speaker. Kak Mabigus mengatakan bahwa Gerakan Pramuka selalu menjadi bagian dari perjalanan panjang Universitas Negeri Makassar sampai hari ini.

Sambutan berikutnya yaitu dari Ketua Kwartir Daerah yang diwakili Wakil Ketua Kwartir Daerah Binawasa. Beliau mengatakan bahwa para peserta Latihan Gabungan Nasional IX harus senantiasa dapat mengingat perjuangan para pahlawan yang telah mendahului dan bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan perbuatan. Sekarang ini Pramuka adalah kenyataan, lebih indah dari 1000 pernyataan.

Terakhir adalah sambutan dari Kak Kwarnas. Setelah sambutan dari kak Kwarnas kemudian dilanjutkan pembukaan secara resmi ditandai dengan pemukulan gendang oleh Wakil Ketua Kwarnas Binawasa yakni Kak Susi, didampingi oleh Unsur Mabigus dan Mabigus Gugus Depan Kota Makassar 08.095 – 08.096 serta Wakil Ketua Kwartir Daerah Binawasa.

Pembukaan Latihan Gabungan Nasional IX dihadiri oleh peserta Latgabnas IX, Ketua Lembaga Kemahasiswaan se-UNM, Ketua Maperwa dan Bem UNM, Purna Racana Ranggong dg. Romo dan Opu dg. Risadju, pembina racana dan ambalan Ranggong dg. Romo dan Opu dg. Risadju, Unsur Mabigus Gugus Depan Kota Makassar 08.095 – 08.096, Mabigus Gugus Depan Kota Makassar 08.095 – 08.096 dalam hal ini Rektor Universitas Negeri Makassar, Ketua DKD Sulawesi Selatan beserta jajarannya, Ketua DKN beserta jajarannya, Ketua Kwartir Daerah yang diwakili oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Binawasa, dan Ketua Kwartir Nasional yang diwakili oleh Wakil Ketua Kwarnas Binawasa.

loading...