Basmin Mattayang Kantongi 10 Parpol, Siap Umumkan Wakil di Pilkada Luwu

BERBAGI
Calon Bupati Luwu Basmin Mattayang. (Int)

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Calon Bupati Luwu Basmin Mattayang (BM) mengakui saat ini sudah mengantongi 10 kursi dari lima parpol menyatakan mengusung pada Pilkada nanti.

“Iye, kalau dihitung sudah lima parpol dengan jumlah 10 kursi nyatakan usungan, sudah memenuhi syarat usungan,” ujarnya melalui via seluler Kamis (5/10).

Oleh sebab itu, ia pun optimis dalam waktu dekat akan menentukan sosok wakil alias pendamping untuk maju di pilkada Luwu 2018 mendatang.

BACA: Cukupkan Kursi, Basmin Mattayang Tunggu Lawan

“Sudah di survei beberapa nama calon wakil. Tinggal saya Umumkan dalam waktu dekat,” ungkapnya, tanpa menyebut hari dan tanggal.

Sementara itu, konsultan politik Basmin Mattayang dari Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris membenarkan jika 10 partai dari lima parpol berbeda tersebut sudah menyatakan usungan. Bahkan sebagian parpol sudah memberikan rekomendasi dan surat tugas.

“Iye, pak BM sudah kantongi 10 kursi ini. Diantaranya, PDIP dua kursi, PPP empat, PKPI dua, PBB dua dan PKB tapi tidak punya kursi,” ujarnya saat di temui di Cafe saja Boulevard Makassar, Kamis (5/10) siang.

BACA : PKPI Isyaratkan Usung Basmin Mattayang di Luwu

Ia menambahkan, masih ada sejumlah partai menyusul. Namun, belum menyatakan terang-terangan karena menunggu BM mengumumkan siapa sosok wakil.

“Seperti, Hanura, Demokrat tinggal menunggu siapa wakil BM,” tuturnya.

Djelaskan, peluang BM untuk memenangkan pilkada Luwu sangat besar, sebab saat ini survei elektabilitas nya sangat tinggi, diatas 50 persen, sementara pesaingnya masih dibawa 10 persen.

Apalagi kata dia jika BM kembali berpasangan Syukur Bijak, maka peluang menangnya semakin besar, sebab Syukur Bijak saat ini tertinggi kedua survei elektabilitasnya setelah BM.

BACA : Diusung PPP, Basmin Mattayang Bebas Memilih di Pilgub

“Selain Syukur bijak, Rusli Sunali dan Amru Saher juga layak dampingi BM. Namun dari segi urutan, teratas BM – syukur bijak, baru BM – Amru, dan BM – Rusli,” pungkasnya.

loading...