Kuatkan UMKM, Bappeda Makassar Gelar FGD Sinergi Multipihak

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Penguatan UMKM harus melibatkan semua pihak atau berkolaborasi satu sama lain untuk saling melengkapi dan mempercepat pengembangan UMKM. Karena itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel La’Riz, jln. Lagaligo. Jumat (6/10/2017).

Kegiatan yang mengusung tema “Sinergi Multi Pihak dalam Pemberdayaan UMKM melalui Penguatan KBT” dibuka oleh Staf Ahli Pemkot Makassar, Abd. Azis Hasan. Hadir pula Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Makassar, Asfat Azis, Ketua Pokja BULo Kota Makassar, Sakka Pati dan sekretaris Dinas Koperasi Kota Makassar, Daniel katto.

Sebagai narasumber Tim Ahli Klinik Bisnis Terpadu (KBT) Bappeda Kota Makassar, Abdul Talib Mustafa, Budi Sarjana dari pengelola komunitas UMKM “POSKO” dan tim konsultan Makassarpreneur.

Staf ahli Walikota Makassar, Azis Hasan mengatakan, KBT memiliki peran yang strategis sehingga peranannya perlu diperkuat dalam melayani dan mendampingi UMKM. Dia juga berharap pihak kecamatan pengelola KBT meningkatkan kapasitasnya karena permasalahan UMKM sangat beragam.

Tim ahli KBT, Talib Mustafa mengatakan, KBT hadir untuk melayani, mendampingi dan melakukan internediasi yang dilakukan Pemkot Makassar.

“KBT melaksanakan program melalui SKPD terkait untuk menumbuhkan kewirausahaan, pengembangan bisnis serta menggerakkan dunia usaha secara produktif dan berkelanjutan,” tambahnya.

Rahmatia Nuhung dari Makassarpreneur mengatakan, salah satu model kerjasama yang bisa diwujudkan adalah kerjasama yang terdiri dari akademisi, bisnis,komunitas, pemerintah dan media atau yang dikenal dengan sinergi pentahelix.

Dikatakannya, sinergi pentahelix makin dirasakan urgensinya seiring kemajuan teknologi digital yang mendorong transformasi di berbagai bidang kehidupan.

“Kini beragam produk baru akan dihasilkan dari kreativitas dan inovasi yang terus berjalan, yang harus disikapi sebagai tantangan untuk menumbuhkan berbagai peluang bagi peningkatan produktivitas dan daya saing UMKM,” ujarnya.

loading...