Panasnya Kursi Pelatih Di Liga1 Indonesia

BERBAGI
Mantan pelatih semen Padang Nil maizar

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Sebanyak 5 Club di Liga1 yang hingga kini belum memecat Pelatih nya Madura United (Gomes d Oliviera), Persija (Stefano Cugurra Teco), Bhayangkara FC (Simon McMenemy), dan Barito Putera (Jacksen F Thiago) dan PSM Makassar (Robert Rene Albert).

Kursi panas pelatih klub Liga 1 2017 saat ini memang telah memakan banyak korban, Terakhir Nil Maizar, Juru Taktik Semen Padang merasakan imbasnya, Kekalahan di empat laga beruntun, membuat manajemen Semen Padang dan dengan bapak dua anak ini sepakat mengakhiri kerjasama.

Berikut Daftar Pelatih Yang Menjadi Korban Keganasan Liga1

  1. Angel Alvero

Dipecat Persipura Jayapura karena dianggap tak memnuhi syarat lisensi. Padahal, di balik itu ada permasalahan terkait performa melatihnya saat di turnamen pra-musim Piala Presiden.

   2. Hans Peter Schaller

Eks pelatih timnas asal Austria tersebut dipecat setelah rentetan hasil buruk Bali United. Dia pun ditanggalkan statusnya pada 26 April 2017 lalu

   3. Laurent Hatton

Pelatih asal Prancis tersebut menunjukkan performa yang apik sebenarnya dalam menangani tim sekelas PS TNI. Tapi, dia harus hengkang setelah datang sosok Ivan Kolev yang dianggap cukup mumpuni untuk melatih tim pada 1 Mei. Nyatanya, Kolev tak lebih banik dari Hatton sejauh ini.

   4. Timo Susilo Scheunemann

Pelatih Indonesia berdarah Jerman itu harus hengkang dari Persiba Balikpapan karena rentetan kekalahan yang diderita tim berjuluk Beruang Madu di awal Liga 1. Setelah takluk dari Arema FC pada 1 Mei, dia memutuskan mundur dari jabatannya.

Rumor di internal Persiba sebelumnya menyebutkan, Timo sempat diultimatum manajemen dan diberikan pilihan untuk mundur sebagai pelatih atau dipecat. Dia akhirnya memilih mundur dan digantikan oleh Milomir Seslija.

   5. Lestiadi Sinaga

Pelatih asal Medan ini sebenarnya masuk menggantikan Angel Alfredo Vera Tapi, seiring performa kurang mumpuni di kompetisi, dia lantas memilih mundur. Dia resmi tak lagi menangani Persipura pada 10 Juli.

   6. Yusack Sutanto

Perseru Serui adalah klub Liga 1 yang sebelumnya jauh dari hingar bingar pemberitaan. Tapi, kabar mengejutkan sempat muncul saat pekan ke-10 mereka menggantikan pelatihnya Yusack Suanto dengan Agus Yuwono. Perubahan ini dikarenakan Yusack dianggap kurang maksimal dalam menangani tim.

   7. Osvaldo Lessa

Lessa menjadi pelatih kedua yang dipecat Sriwijaya pada 2017 ini. Sebelumnya, pada masa pramusim, manajemen Sriwijaya FC terlebih dahulu mendepak Widodo Cahyono Putro pelatih asal Brasil itu praktis masuk menggantikan posisi Widodo. Tapi, Lessa tak bisa menjadi pelatih yang baik dab berprestasi bagi klub dan akhirnya dibuang.

   8. Dragan Djukanovic

Digantikan oleh Caretaker Ricky Nelson pada Rabu (12/7). Dia dianggap kurang maksimal dalam melatih dan kerap melakukan protes keras kepada wasit.

Sementara juru taktik PSM Makassar, Robert Alberts sebelumnya memang sudah menyampaikan jika persaingan di Liga 1 2017 sangat sengit. Itu terlihat dari manajemen yang dengan enteng menendang pelatih jika target tidak terpenuhi. Saat memasuki paruh kedua saja, sudah ada 11 pelatih yang keluar.

“Coba lihat berapa pelatih yang datang saat pertama kali liga ini bergulir. Dan bandingkan pelatih yang keluar. Itulah saya khawatirkan dari liga ini, sangat sengit,” kata Robert beberapa waktu lalu.

Pelatih asal Belanda itu mengatakan bahwa tidak ada pelatih di kompetisi sepakbola Indonesia yang bisa tenang, mereka dituntut untuk terus meracik strategi baru untuk menghadapi lawan berbeda, jika tidak sesuai harapan, maka berujung pemecatan.

loading...