Diskop UKM Sulsel Latih 100 Wirausaha Baru Berbasis Desa di Bone

BERBAGI
Dinas koperasi dan UKM Sulsel melatih sebanyak 100 orang wirausaha baru berbasis desa Se-Kabupaten Bone/ IST

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Dinas koperasi dan UKM Sulsel melatih sebanyak 100 orang wirausaha baru berbasis desa Se-Kabupaten Bone. Kegiatan ini digelar di hotel Sarlim Watampone,10-12 Oktober 2017.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Bone, Drs.H.Ambo Dalle,MM,hadir pula Kepala UPT Balai Diklat dan Layanan Usaha Terpadu Diskop UKM Sulsel,Drs. Abd.Azis Bennu,MM,Kadiskop UMKM Kab. Bone,Andi Muh. Yusuf,S.IP dan tim fasilitator kewirausahaan Pemprov Sulsel.

Kegiatan ini adalah rangkaian program penciptaan wirausaha muda pada tiap desa yang menjadi program unggulan Pemprov Sulsel sejak tahun 2014.

Wakil bupati Bone, Ambo Dalle mengatakan, Pemkab Bone punya komitmen yang kuat dalam memajukan UMKM dan Koperasi. Ia juga berharap,pelatihan wirausaha dapat mengubah mindset anak-anak muda di Bone dari pencari kerja menjadi pencipta kerja. “Contohlah pak Haji Kalla dan Yusuf Kalla yang menjadi tokoh pengusaha nasional yang berkontribusi memajukan daerah,” tambahnya.

Kepala UPT Balai Diklat dan Layanan Usaha Terpadu,Azis Bennu mengatakan, sejak tahun 2014 Pemprov Sulsel jadi pioner penciptaaan 20 orang wirausahawan muda tiap desa selama lima tahun atau 100 wirausaha baru per desa. “Pemprov Sulsel menyelenggarakan diklat wirausaha baru dan memberikan paket bantuan modal yang diatur dalam Pergub No. 10 tahun 2014 tentang diklat kewirausahaan dan penghargaan wirausaha di Provinsi Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Program wirausaha desa bertujuan untuk mendorong pemuda menjadi wirausaha dengan penyediaan modal kerja sebagai stimulus dalam pengembangan usaha ekonomi produktif yang digerakkan oleh pemuda desa/kelurahan.

Sasaran target pencapaian wirausaha yaitu sebanyak 20 orang (1 Kelompok) per desa/ kelurahan dari 3.023 desa/kelurahan di Sulsel, sehingga akan tercapai 60.460 orang per tahun atau tercapai 302.300 orang dalam 5 tahun dengan 15.115 kelompok usaha ekonomi produktif.

 

loading...