Jelang Deklarasi NA-ASS, Begini Sikap DPP PAN

BERBAGI
ilustrasi PAN/sulselekspres

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Menjelang deklarasi pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Nurdin Abdullah-Andi Sudirma Sulaiman (NA-ASS) pada tanggal 22 Oktober ini. Sikap DPP PAN mulai setengah hati ke NA.

Malah partai yang berlambangkan matahari terbit itu terlihat tetap berada ke pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), menjadi pertimbangan tersendiri DPP PAN dalam menentukan sikap di Pilgub 2018.

Kendati sudah terbit dua rekomendasi, namun Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan belum bisa menjamin apakah partainya akan resmi mengusung Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (NA-SS).

BACA: DPW PAN Lawan Putusan Pusat, DPP Dijadwaalkan Kampanyekan IYL

“Rekomendasi yang keluar itu kan ada dua, satu kepada pak Nurdin Abdullah satu lagi ke Pak Ichsan. Nanti kami tanya rakyat Sulsel lah (mana yang di SK kan),”ungkap Zulkifli kepada tim media IYL-Cakka, dalam rilisnya kepada sulselekspres.com, Selasa (10/10/2017) malam.

Untuk diketahui, bila Zulkifli benar ingin menggali lagi aspirasi dari bawah, maka pilihannya bisa jatuh ke IYL. Selain hubungan emosional yang terbangun dengan PAN, pengurus dan kader PAN se-Sulsel selama ini sangat solid ke Punggawa Macakka.

Bahkan, DPW sempat mengeluarkan pernyataan jika tak ada alasan meninggalkan IYL-Cakka. Begitu pun sudah terlanjur kecewa dengan NA yang justru membuat suara PAN tergerus di Bantaeng setelah menjadi partai pengusung di pilkada kabupaten.

BACA: PAN Sulsel : Nurdin Abdullah Dapat Kereta Kosong, IYL Ambil Penumpang

Bukan cuma itu, jika dasar Zulkifli ingin menanyakan rakyat Sulsel, maka lagi-lagi, IYL-Cakka bisa mendapat tempat. Acuannya jelas, yakni hasil survei selalu menempatkan kandidat ini di posisi teratas dibanding Nurdin Abdullah.

Hanya saja, pernyataan Zulkifli itu patut ditunggu siapa sebenarnya yang di SK-kan. Apakah mendengar masukan dan aspirasi kadernya yang menginginkan IYL-Cakka, atau justru beralih ke NA-SS akibat tekanan tertentu.

Terkait kepastian usungan, Zulkifli mengaku jika dalam waktu dekat akan mengeluarkan SK secara resmi terhadap pasangan calon yang diusung partainya. Menurutnya hal itu tidak akan memakan waktu lama.

BACA: Disebut Begal Parpol, Nurdin Abdullah: Ah Saya Diam Saja Dikasi Partai

“Lebih cepat, lebih baik, waktu dekat ya, kan gampang sekarang bisa di survei bisa apa nanti. Seminggu lah,” janji Zulkifli yang tak lain Ketua MPR RI.

Sebelumnya PAN sempat memberi rekomendasi kepada Ichsan Yasin Limpo. Bahkan partai ini sudah mengintruksikan ke kadernya agar menyosialisasikan IYL-Cakka. Termasuk pengurus sudah dilibatkan di setiap rapat konsolidasi.

Hanya saja, DPP menerbitkan rekomendasi lain ke NA-SS, meski mendapat penolakan dari DPW dan DPD PAN se Sulsel. Beredar kabar, rekomendasi ganda itu keluar ke NA akibat dugaan tekanan dari penguasa kepada Zulkifli.

loading...