Komoditas Telur Ikan Terbang Sulsel Jadi Primadona di Asia Timur

BERBAGI
Petani Telur Ikan Terbang.(Int)

MAKASSAR, SULSELEKSPRES,COM – Selain Ikan dan Udang, telur ikan terbang merupakan salah satu komoditas andalan ekspor perikanan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dari data Balai Besar KIPM Makassar, dari bulan Januari sampai September 2017 nilai ekspor ikan terbang mencapai USD 10.004 Juta dengan volume eksport mencapai 529,98 ton.

Hal itu menujukkan jumlah ekspor telur ikan terbang dari sulsel menyumbang 20-30% dari jumlah seluruh ekspor telur ikan terbang indonesia ke negara-negara Asia dan Amerika.

Kepala BKIPM Sulsel mengatakan, telur ikan terbang Sulsel banyak di cari dan di negara-negara Asia Timur seperti Hong Kong, Jepang, Korea, Taiwan, dan China.

“Permintaan telur ikan terbang dari sulsel meningkat dari tahun ketahun, salah satu tujuan ekspor telur ikan terbang kita terbesar ke Negara Taiwan dan Amerika,” kata Siti saat ditemuai di Pelabuhan Perikanan Untia Makassar, Kamis (12/10/2017).

Dikalangan Nelayan, harga telur ikan terbang cukup mahal untuk harga telur ikan terbang biasanya di banderol sekitar Rp 200-300 ribu per kilogram nya. Karena harganya cukup mahal telur ikan terbang banyak diburu.

Di Sulsel Telur ikan terbang banyak ditemukan di daerah Makassar dan gowa. Orang-orang biasa “torani”

Selain Telur Ikan Terbang komoditas perikanan Sulsel yang juga mengalami peningkatan ekspor, Teripang, Cumi-Cumi Beku, Kepiting dan Sirip Ikan Hiu.

loading...