Soal Kota Layak Pemuda, Ini Harapan Kadispora Makassar

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kementerian Pemuda dan Olahraga akan mengadakan Penganugerahan Kota Layak Pemuda yang merupakan program prioritas deputi Bidang Pengembangan Pemuda.

Asisten Deputi Bidang Standarisasi dan Infrastuktur Pemuda Pengembangan Kemenpora RI Zainal Aminin mengatakan, Program Kota Layak Pemuda sudah diinisiasi pada tahun ini, di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, berdasarkan kajian dengan berbagai pihak, ditetapkan beberapa kriteria penilaian terhadap kota/kabupaten yang berhak menerima predikat Kota Layak Pemuda.

“Diantaranya Regulasi Pemerintah Daerah terhadap kepemudaan, penganggaran, fasilitasi, kegiatan kepemudaan, ketersediaan program dan infrastruktur program kepemudaan,” jelasnya.

Lanjut Zainal, dalam penentuan Kota Layak Pemuda, tim penilai akan mengunjungi Kota/Kabupaten yang telah lolos administrasi untuk melakukan verifikasi faktual dan penilian dilapangan atas seluruh data.

“Setelah selesai tahap tersebut maka tim akan membagi kategori Pemenang Utama, Madya dan Pratama,” jelasnya.

Dalam penganugerahan di tahun pertama ini, Makassar menjadi salah satu Kota yang ditetapkan lolos secara Administratif, dari 514 kota/kabupaten se Indonesia.

Terpilihnya Kota Makassar sebagai salah satu nominator bukan tanpa alasan. Ada sejumlah pertimbangan mengapa Makassar terpilih diantaranya, Kota makassar mempunyai payung hukum yaitu, Perwali tentang kepemudaan.

Pemkot Makassar memfasilitasi kegiatan-kegiatan kepemudaan dan membuka ruang untuk kegiatan kepemudaan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin menjelaskan, dalam waktu dekat ini ada tim verifikasi dari Kementrian Pemuda dan Olahraga yang akan datang ke Makassar.

Achmad Hendra berharap, kali ini Makassar akan keluar sebagai jawara pada penyerahan penghargaan yang bakal digelar bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober mendatang.

“Pemerintah Kota Makassar sudah meraih banyak penghargaan dan kami berharap dalam seleksi ini Kota Makassar dapat meraih dan mempersembahkan Penghargaan Kota Layak Pemuda Tingkat Nasional 2017,”katanya, Senin (16/10/2017).

loading...