Sulsel Akan Kembangkan Kendaraan Listrik, PLN Siapkan SPLU

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Penggunaan kendaraan listrik, sebagai kendaraan masa depan yang irit dan ramah lingkungan telah menjadi trend di negara-negara maju.

Hal yang sama juga di Indonesia, sudah mulai diperkenalkan oleh perusahaan produsen kendaraan. Menunjang produk tersebut, PLN telah menyiapkan infrastruktur penunjang berupa pembangunan stasiun penyedia listrik umum (SPLU).

SPLU adalah alat untuk menyalurkan listrik secara legal cukup dengan pembelian token kWh di PPOB.

Untuk memasyarakatkan kendaraan listrik, digelar talk show “Mengenal Lebih Dekat Kendaraan Listrik”. Talk show digelar disela-sela peringatan HUT Pemprov Sulsel, Selasa (17/10/2017).

Acara diawali dengan pembukaan pengenalan kendaraan listrik, yang ditandai dengan uji coba kendaraan listrik oleh Gubernur Sulsel Sahrul Yasin Limpo (SYL) bersama General Manager PT PLN (Persero) Wil. Sulselrabar Bob Saril dan perwakilan ESDM.

Setelah uji coba kendaran listrik itu SYL mengatakan bahwa beberapa negara maju, saat ini penggunaan kendaraan listrik telah menjadi trend untuk mendukung aktifitas sehari-hari dan hal tersebut juga akan kita kembangkan di Sulsel, dan pemda Sulsel sangat mendukung penggunaan kendaraan listrik.

Sementara itu GM PLN Wilayah Sulselrabar Bob Saril megatakan bahwa PLN Sulselrabar sangat antusias dengan kendaraan listrik, ditandai dengan kesiapan energi listrik yang surplus 200 MW dan akan bertambah hingga surplus 500 MW diakhir tahun 2017.

“PLN sangat mendukung kendaraan listrik, untuk tahun ini sudah ada 56 SPLU yang tersebar di wilayah Sulselrabar dan akan terus bertambah dengan target sebanyak 225 SPLU tersebar pada tahun 2018 mendatang,” ungkapnya.

Ditambahkan, Staf ahli menteri ESDM bidang lingkungan hidup dan tata ruang Satri Nugraha menyatakan bahwa pada konvensi UNFCCC, kita telah berjanji untuk mengurangi pemanasan global dengan mengurangi emisi gas buang, salah satunya dengan penggunaan kendaraan listrik.

“Untuk itulah kita merangkul semua pihak terkait untuk sama-sama mengembangkan kendaraan listrik ini,” pungkasnya.

loading...