Beri Air Kotor, Dewan Parepare Minta PDAM Perhatikan Kualitas

BERBAGI
Ketua Komisi III DPRD Parepare, Parman Agus Mante/ SULSELEKSPRES.COM/ LUKI AMIMA

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare, mengeluhkan kondisi air yang kotor dan menguning. Terlebih, hujan sempat mengguyur Parepare beberapa waktu terkahir.

Ketua Komisi III DPRD Parepare, Parman Agus Mante mengungkapkan, sebaiknya PDAM lebih memaksimalkan upaya antisipasi, terhadap hal-hal yang sudah terjadi secara berulang-ulang, tetap tanggap dengan keluhan pelanggan. Selain itu, kata dia, PDAM harus berupaya agar pelanggan tetap dapat menikmati air bersih dalam kondisi apapun.

“Karena kami tentu mengkhawatirkan, masyarakat dengan terpaksa harus mengonsumsi air yang tidak sehat dan tidak bersih. Penekanan juga buat PDAM, supaya memperhatikan dan berlaku adil terhadap distribusi air,” tandasnya.

Terkait hal tersebut, Direktur PDAM Parepare, Lukman Hakim mengatakan, enam sumur dalam yang menjadi sumber air, tidak dilengkapi dengan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang menjadi penyaringannya.

“Jadi sistemnya, lima sumur dilakukan dengan penyedotan ke dalam bak penampungan air (reservoar), dan satunyal yang kami distribusikan kepada pelanggan. Sehingga, tidak ada penyaringannya,” katanya, Kamis (19/10/2017).

Dia menjelaskan, sumur dalam tersebut berbeda dengan air permukaan yang membutuhkan penyaringan. Sehingga, katanya, air permukaan itu harus dilengkapi IPA, yang dikarenakan cepat keruh jika misalnya turun hujan.

loading...