MotoGP Australia: Pertarungan Sengit Rider Kejar Podium, Marquez Unggul

BERBAGI

AUSTRALIA, SULSELEKSPRES.COM – Balapan sebanyak 27 lap, Minggu (22/10), benar-benar layak dinobatkan sebagai Grand Prix terbaik pada musim 2017. Bagaimana tidak, para penggemar MotoGP disuguhkan aksi overtaking sepanjang jalannya balapan.

Start dari pole position, Marc Marquez kehilangan posisi pertama dari pembalap tuan rumah, Jack Miller selepas tikungan pertama. Maverick Vinales di belakangnya, diikuti Valentino Rossi dan Rookie Johann Zarco, sedangkan Dovizioso 10 besar.

Satu lap berikutnya, Miller masih memimpin di depan Marquez, dengan Vinales dan Rossi membayangi ketat kedua pembalap. Adapun, Dovizioso mengalami mimpi buruk. Ia melebar di Tikungan 1 dan turun pada posisi ke-20.

BACA: Rossi Antusias Kejar Gelar Kejuaraan MotoGP

Memasuki Lap 3, duel sengit di Phillip Island dimulai. Miller, Marquez, Vinales, Rossi dan Zarco tampil habis-habisan untuk memperebutkan posisi teratas. Pergantian posisi bahkan terus berubah di antara mereka.

Balapan semakin panas pada pertengahan jumlah lap. Rossi mengambil alih posisi terdepan, diikuti Zarco dan Marquez. Sementara di belakang mereka ada Vinales dan Andrea Iannone yang ikut meramaikan pertarungan.

Pada sembilan lap terakhir, terjadi pergantian posisi teratas. Vinales memimpin di depan Rossi, Marquez dan Zarco. Adapun, Dovizioso terseok pada posisi ke-11.

enam lap terakhir, Marquez menyalip Vinales untuk posisi teratas. Pembalap Repsol Honda itu juga mulai membuka jarak 0,291 detik atas rivalnya tersebut.

Dengan posisi terdepan dikuasai Marquez, pertarungan sengit beralih pada duel perebutan podium, terutama antara Rossi, Zarco dan Vinales. Namun, Iannone dan bahkan Cal Crutchlow juga tak mau ketinggalan.

Menjelang berakhirnya balapan, Marquez tak terbendung dan sudah unggul hampir dua detik. Juara dunia bertahan itupun akhirnya finis lebih dulu. Rossi berhasil merebut posisi kedua, usai mengalahkan Vinales dan Zarco.

Crutchlow finis kelima, di depan Iannone dan Miller. Rookie Alex Rins tampil bagus untuk finis kedelapan. Dan duo KTM: Pol Espargaro dan Bradley Smith membawa pabrikan Austria ini menembus 10 besar.

Dovizioso sendiri kehilangan posisi ke-11 setelah disalip Scott Redding dan Dani Pedrosa tepat di garis finis. Hasil balapan yang jelas menyulitkan peluangnya untuk merengkuh gelar juara.

Seri MotoGP berikutnya akan dihelat di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 29 Oktober pekan depan.

loading...