Mengenal Olahraga Petanque Yang Diperlombakan di Pomnas XV 2017

BERBAGI
Mengenal Olahraga Petanque Yang Diperlombakan di Pomnas XV 2017.(Int)

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Baru-baru ini di Makassar terdapat olahraga unik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Olahraga tersebut adalah Petanque atau dapat diucapkan “petank”, yang diperlombakan di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XV 2017.

Kegiatan lomba pun dihelat selama sepekan dilapangan Petanque STKIP Mega Rezky Makassar.

Petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan.

BACA: Cabor Pentaque Pomnas XV digelar di STKIP Mega Rezky

Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar, antar enam sampai sepuluh meter.

Petanque (diucapkan [pe.tɑ̃ːk] dalam bahasa Perancis atau pay/tah~k atau petong) awalnya merupakan permainan tradisional asal negara Prancis yang merupakan pengembangan dari permainan jaman Yunani Kuno sekira abad ke-6 SM, versi modern dari permainan petanque diperkenalkan oleh Jules Boule Lenoir pada tahun 1907 di kota La Ciotat, di Provence, di selatan Perancis.

Kata Petanque berasal dari kata Les Ped Tanco atau Petanca berdasar dialek Provençal dari bahasa Occitan yang berarti kaki rapat, salah satu teknik dasar bermain petanque adalah kaki yang rapat tidak mengangkat kaki yang menapak ke tanah.

Agar bisa dikembangkan sebagai cabang olahraga prestasi permainan tradisional ini distandarkan dan dibuat aturan baku yang berlaku universal, dengan induk olahraga petanque internasional bernama Fédération Internationale de Pétanque et Jeu Provençal (FIPJP) yang didirikan di Marseille, Prancis pada tahun 1958.

Sejarah Tradisional Petanque

loading...