Pendamping Desa Diharapkan Membantu Berdayakan Masyarkat

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pelatihan peningkatan kapasitas pendamping lokal desa Tahun Anggaran 2017 Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Selatan-Selatan ditutup malam ini, di hotel Grand Clarion, Kamis (26/10/2017).

Pendamping Lokal Desa Dari Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Marlina mengatakan, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 22-27 oktober 2017, diikuti seluruh pendamping lokal desa dari 21 Kabupaten Se Sulawes Selatan.

“Pelatihan peningkatan kapasitas kali ini begitu istimewa, karena kami para pendamping lokal desa dikumpul disatu tempat pelatihan. Sehingga bisa berbagi pengalaman atau best practice selama mendampingi desa masing-masing dan itu bisa menjadi inspirasi untuk direplikasi di desa dampingan masing-masing,”kata Marlina.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan, Mustari Soba mengharapkan adanya peningkatan kinerja pendamping lokal desa pasca pelatihan ini.

“Tugas pendamping lokal desa adalah membantu pemerintah desa dan masyarakat desa didalam membangun dan memberdayakan desa dan masyarakatnya secara mandiri lewat dana desa,” terang Mustari.

Menurut Mustari, peran strategis lain dari pendamping lokal desa adalah jawaban dari setiap persoalan atau permasalahan yang ada didesa.

“Kita bersyukur alhamdulillah bahwa di provinsi sulawesi selatan setelah ada pendamping profesional belum ada satupun kepala desa yang terkena operasi tangkap tangan (OTT),”tandasnya.

Prestasi ini harus dipertahankan, dan ditingkatkan, salah satu tugas mulia dari pendamping lokal desa adalah untuk selalu mengingatkan pemerintah desa agar menggunakan dana desa secara transparan dan sesuai regulasi serta selalu memberi dorongan dan edukasi kepada masyarakat di desa untuk ikut memonitoring atau mengawasi seluruh proses pembangunan didesa.

loading...