Dies Natalis ke-35, FKM Unhas Gelar Penyuluhan Terpadu

BERBAGI
MAKASSAR, SULSELEKSPRES – Memeriahkan Dies Natalis ke-35 Tahun, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan terpadu di SMPN 1 Tinggimoncong, Kabupaten Gowa pada hari Sabtu (28/10/2017).
Kegiatan tahun ini mengambil tema membumikan gerakan masyarakat hidup sehat  melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKM Unhas, Sukri Palutturi, dihubungi secara terpisah mengatakan berbagai kegiatan yang dilakukan panitia dies.
“Misalnya pengabdian masyarakat, pelatihan penulisan jurnal internasional, seminar nasional, kuliah tamu, kompetisi bulutangkis dan peresmian main gate FKM Unhas” ungkapnya.
Lebih lanjut Sukri menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat melibatkan beberapa dosen dan organisasi kesehatan masyarakat.
“Dilaksanakan di Malino ini melibatkan dosen dan mahasiswa mulai tingkat sarjana, magister, dan doktor bersama IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat) Pengurus Daerah Sulawesi Selatan. Beberapa kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan antara lain terkait Rokok, Narkotika, dan IMS (Infeksi Menular Seksual). Sekitar 80 orang siswa laki-laki dan perempuan ikut serta dalam kegiatan penyuluhan ini,” katanya
Sebelum materi dipaparkan oleh mahasiswa,  siswa terlebih dahulu diberikan Pre-test untuk mengukur tingkat pengetahuan dan sikapnya. Penyampaian materi dilakukan dalam bentuk ceramah, pemutaran film pendek, dan diskusi. Siswa terlihat sangat antusias.mengikuti kegiatan, apalagi diselingi dengan ice breaker baby shark, games dan pemberian hadiah.
Menurut Ketua Panitia yang juga dosen Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Muhammad Rachmat, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan “untuk memberikan informasi bagi generasi muda SMP tentang bahaya berbagai perilaku menyimpang sejak dini. Kepala Sekolah dan guru SMPN 1 Tinggimoncong menyambut baik setiap penyuluhan kesehatan di sekolah,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Kepala sekolah SMPN 1 Tinggimoncong Parode mengatakan sangat berterimakasih atas terlaksananya kegiatan di tempat kami.
“Kami sangat berterima kasih atas kedatangan mahasiswa FKM di sekolah ini dan saya sangat berharap semoga materi penyuluhan yang berikan memberikan dampak positif untuk siswa kami”, ujar Bapak Porade, S.Pd selaku Wakil kepala sekolah Bagian Kesiswaan.
Selain itu, Ketua Jurusan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku yang dan juga sebagai koordinator panitia dies natalis FKM Unhas Dr. Suriah, mengatakan “bersama dengan teman-teman di Jurusan Epidemiologi berharap agar kegiatan seperti ini berkelanjutan dlm setiap memperingati dies natalies FKM unhas setiap tahun dgn lokasi yg lebih luas, berbeda dan bentuk kegiatan pengabdian yg lebih variatif, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadi ruang aktualisasi akademik dari mahasiswa dan dosen di luar kampus” tutupnya.

loading...