Peringati Sumpah Pemuda, Sejumlah Mahasiswa Unjuk Rasa

BERBAGI
Aksi sejumlah mahasiswa peringati Sumpah Pemuda di Fly Over Makassar/ IST

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Memperingati Hari Sumpah Pemuda Sejumlha Mahasiswa melakukan unjuk rasa di sejumlah ruas Jalan utama yang ada di Kota Makassar, Sabtu (28/10/2017).

Mereka melakukan aksi dengan cara menutup separuh ruas jalan yang di Kota Makassar.

Sontak aksi tersebut membuat Kota Makassar menjadi macet total. Dari pantauan Sulselekspres.com sejumlah ruas jalan yang mengalami kemacetan diantaranya Jalan Sultan Alauddin, Jalan AP Pettarani, Fly Over, Jalan Urip Sumiharjo, Jalan Pantai Losari, Jalan Perintis Kemerdekaan.

Sumpah Pemuda ialah salah satu tonggak sejarah yg penting untuk bangsa Indonesia. Seperti yg kita telah diketahui, ada tiga pesan penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu. Tiga hal ini adalah faktor penting bagi negara kita.

Sumpah Pemuda adalah bukti otentik bahwasanya pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini adalah buah dari perjuangan rakyat yg selama ratusan tahun tertindas dan tersiksa dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yg kemudia mendorong para pemuda pada kala itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yg jadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada tgl 17 Agustus 1945.

Sesuai dengan namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tak lagi berjuang sendiri, melainkan bersama sama.

Sumpah Pemuda tak lahir begitu saja. Banyak hal yg melandasi para pemuda indonesia bertekad untuk bersatu.

Mereka berpikir tak bakal bisa membuat Indonesia merdeka apabila berjuang di kelompok sendiri. Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat mereka sadar bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan.

Karena itu, diadakanlah Kongres Pemuda I dan II. Mereka jadi satu, jadi Pemuda Indonesia. Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yg berguna bagi nusa dan bangsa.

“Hari ini memang sejumlah titik Macet, mulai dari fly over dan hingga Pettarani, karena sejumlah ruas jalan ada unjuk rasa seperti di UNM, UMI dan juga di bundaran Pettarani- Hertasning, dan di Flyover,” ujar salah serang warga, Mukmin.

loading...