Pemkot Parepare Hentikan Program Transportasi Gratis

BERBAGI
Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parepare, Parman Agus Mante/ SULSELEKSPRES.COM/ LUKI AMIMA

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Program Pemerintah Kota Parepare dibidang pendidikan yakni, Transportasi Gratis bagi pelajar yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu, tahun ini dihentikan. Sekadar diketahui, program tersebut mandek sejak tahun 2016 lalu.

Alasannya, program unggulan tersebut terhenti, lantaran saat ini pemerintah telah menyiapkan dua unit bus sekolah yang dinilai dapat memenuhi kebutuhan transportasi bagi para pelajar.

Terkait hal tersebut, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Parepare, Parman Agus Mante mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya dari Dinas Perhubungan Parepare sebagai penyedia layanan bus sekolah tersebut, masih membutuhkan satu unit bus, untuk memaksimalkan layanan tersebut.

Rencananya, kata Legislator PKS tersebut, akan digunakan satu unit bus milik mes pemerintah yang akan direnovasi menjadi bus sekolah. Di samping itu, lanjut dia, operasional bus sekolah yang berjalan tahun ini dianggarkan melalui APBD.

“Sehingga, dana BOS yang sebelumnya digunakan untuk pembayaran kerjasama antara sekolah dengan sopir angkot, diberikan pada pelajar dalam bentuk uang tunai,” katanya, Senin (30/10/2017).

Hal itu, tambah dia, supaya bisa digunakan untuk kebutuhan sekolah lainnya, dan juga untuk mengurangi beban masyarakat yang memiliki anak bersekolah.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare Kadarusman Mangurusi menjelaskan, sedianya masih dibutuhkan dua unit bus untuk memenuhi kebutuhan transportasi pelajar. Utamanya, kata dia, yang bermukim di wilayah yang sulit menjangkau transportasi umum.

“Itu untuk memenuhi kebutuhan transportasi gratis pelajar, khususnya pelajar yang kurang mampu dan yang jarak domisilinya jauh dari sekolahnya. Sehingga, Disdikbud rencananya akan mengajukan permintaan dua unit bus untuk memaksimalkan pelayanan tersebut,” pungkasnya.

 

loading...