Sakit Gigi Bisa Sebabkan Stroke

BERBAGI
Ilustrasi Sakit Gigi/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Kebanyakan orang sering menyepelekan gusi bengkak sampai pada akhirnya memicu sakit gigi yang parah. Sebuah studi menunjukkan jika berawal dari sakit gigi, seseorang bisa mendapatkan beragam komplikasi penyakit yang membahayakan tubuh, termasuk risiko terkena stroke.

Berdasarkan hasil penelitian dari sejumlah negara seperti Jerman, Perancis, Swedia, India, dan Korea, beberapa penyakit gusi memang berkaitan dengan stroke.

Berbagai masalah gigi seperti yang sudah dijelaskan umumnya diawali dengan penyakit gusi. Penyakit gusi berawal dari adanya plak di gigi yang tidak pernah dibersihkan. Kemudian lambat laun plak-plak tersebut akan berkembang jadi karang gigi, hingga akhirnya terjadi peradangan gusi.

Nah, saat gusi meradang, ada jalan masuk kuman ke dalam tubuh manusia. Bakteri yang membawa berbagai macam penyakit tersebut pada akhirnya bisa masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan.

Penyumbatan pembuluh darah yang terjadi di otak inilah yang kemudian memicu stroke. Tidak hanya stroke, penyumbatan pembuluh darah tersebut juga bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung. Namun, memang tergantung di mana letak penyumbatannya.

Karena bakteri yang ada di mulut dan gigi letaknya lebih dekat ke otak, maka sakit gigi sangat berisiko menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak.
Apa jenis stroke yang disebabkan karena sakit gigi?

Salah satu penelitian dari Jerman yang dipublikasikan di jurnal Stroke melaporkan bahwa orang-orang yang menderita penyakit gusi lebih rentan terhadap stroke iskemik. Stroke iskemik adalah jenis stroke yang terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah. Stroke iskemik bertanggung jawab atas 87 persen dari total kasus stroke.

Untuk itu, anda sebaiknya harus memberikan perhatian khusus pada gigi ataupun gusi yang bengkak. Selain berkunjung ke dokter gigi minimal enam bulan sekali, anda juga harus rajin membersihkan gigi sehari dua kali.
SUMBER: Hellosehat.com

loading...