Bappeda Parepare Tingkatkan Kualitas RT/RT

BERBAGI
Suasana pelatihan pelatihan perencanaan bagi Ketua RT/RW, di Baruga Peduli, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Rabu (15/11/2017).(Ist)

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, menggelar pelatihan perencanaan pada empat Kecamatan yang ada di Parepare.

Kegiatan diikuti rarusan ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) se-Parepare, yang dilaksanakan salah satunya di Baruga Peduli, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Rabu (15/11/2017).

Sekretaris Bappeda Parepare, E.W. Ariyadi mengatakan, para Ketua RT/RW sangat penting untuk ditingkatkan kualitasnya. Sebab, kata dia, mereka merupakan salah satu sumberdaya perangkat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sehingga, lanjut dia, pelatihan ini menjadi upaya untuk memaksimalkan peran dan fungsi pengurus RT/RW, yang akan berdampak besar pada program pembangunan daerah

“Musyawarah dari level kelurahan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, akan menjadi wadah serapan aspirasi masyarakat. Karena, mereka dilibatkan dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan terhadap program pembangunan di wilayah masing-masing,” katanya.

Ke depan, tambah dia, para ketua RT dan RW bisa menjalankan fungsinya sebagai garda terdepan dalam pemerintahan, untuk kepentingan masyarakar.

Sementara, Camat Bacukiki, Iskandar Nusu menjelaskan, pemerintah terus berupaya maksimal dalam meningkatkan kualitas pengurus RT/RW. Sebab, katanya, dengan kualitas yang mumpuni, mereka mampu menjalankan peran maupun fungsi di tengah-tengah masyarakat.

“Pemerintah selalu berupaya lebih dekat dengan masyarakat, sehingga lebih memudahkan pemerintah mendapatkan kepercayaan dari masyarakatnya. Kepercayaan itulah yang akan memudahkan pemerintah, dalam membangun dan memajukan daerah,” tandasnya.

loading...