Empat Puskesmas di Parepare Berstatus Madya

BERBAGI
Kepala Diskes Parepare, Muh. Yamin/SULSEL EKSPRES/LUKI AMIMA

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare, Muh. Yamin mengatakan, sebanyak enam Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) yang ada di Parepare, seluruhnya telah terakreditasi.

Dia menjelaskan, Puskesmas tersebut di antaranya Puskesmas Lumpue, Puskesmas Lapadde, Puskesmas Madising na Mario, Puskesmas Lakessi, Puskesmas Cempae, dan Puskemas Lompoe. Puskemas tersebut, kata dia, tersebar pada empat Kecamatan untuk mengakomodir kebutuhan pelayanan kesehatan, bagi masyarakat.

“Tahun ini akan dibangun Puskemas baru di Kelurahan Lemoe, dengan anggaran sebesar Rp5,29 milliar. Hal itu, untuk meningkatkan dan menggenjot infrastruktur kesehatan, demi memenuhi serta meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan,” katanya, Jumat (17/11/2017).

Dia menjelaskan, pihaknya terus mengupayakan memaksimalkan pelayanan kesehatan. Terlebih, kata dia, Parepare terus memacu untuk pembangunan industri tanpa cerobong asap, salah satunya pada bidang kesehatan.

Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Promosi dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) Diskes Parepare, Halifa mengemukakan, enam Puskesmas tersebut memiliki status akreditasi yang berbeda-beda.

Dia memaparkan, untuk akreditasi dasar dimiliki oleh Puskesmas Madising na Mario dan Puskesmas Lapadde. Untuk akreditasi madya dimiliki Puskesmas Lompoe, Puskesmas Lumpue, Puskesmas Cempae, dna Puskesmas Lakessi.

“Tahun depan, Puskesmas Lapadde akan diverifikasi untuk naik status,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan berupaya memaksimalkan, untuk meningkatkan status akreditasi Puskesmas yang madya, menjadi akreditasi pratama bahkan di atasnya lagi, yaitu paripurna.

“Kami melakukan pembenahan pada bidang administrasi, pelayanan dan peningkatan kualitas SDM. Juga, meningkatkan pelayanan pada lintas sektor,” pungkasnya.

loading...